6.324 Anak Menikah di Malang

Aditya Mahatva Yodha    •    Rabu, 16 Nov 2016 11:37 WIB
pernikahan
6.324 Anak Menikah di Malang
Foto ilustrasi. (ant/Jafkhairi)

Metrotvnews.com, Malang: Angka pernikahan dini di Kabupaten Malang, Jawa Timur, masih cukup tinggi. Berdasar data Badan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Malang, ada 6.342 pasangan menikah di bawah usia 18 tahun.

Ribuan pasangan itu menikah sepanjang Januari-September 2016. Dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang, Kecamatan Pakis menduduki posisi pertama tertinggi. Yaitu, 614 pasangan. Disusul Kecamatan Wajak, 378 pasangan. Terbanyak ketiga Kecamatan Pujon ada 270 pasangan.

Kepala Bidang Pergerakan Masyarakat KB Kabupaten Malang, Lilik Wahyuni, mengatakan, sebagai upaya meminimalisir pernikahan dini, pihaknya intens menggelar sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami berharap tokoh agama maupun tokoh masyarakat ikut berperan serta menjadi pegiat untuk berpartisipasi mensosialkan dampak negatif perniakahan dini," ujar Kabid Lilik Wahyuni kepada Metrotvnews.com, Rabu (16/11/2016).

Lilik menambahkan, pernikahan di usia 18 tahun perlu diminimalisir, karena kebanyakan belum mapan, juga membawa dampak negatif bagi pasangan dan calon buah hati.

"Perlu diminalisir karena membawa dampak negatif bagi pasutri, buah hati dan masyarakat luas," pungkas Lilik.

Pernikahan di bawah usia 18 tahun dimungkinkan dengan meminta dispensasi yang dikeluarkan Kemenag setempat. Sebab, menurut UU 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, anak didefinisikan sebagai seseorang yang berumur di bawah 18 tahun.


(SAN)