Distan Jawa Timur Siapkan Tujuh Laboratorium Antihama

Amaluddin    •    Jumat, 21 Oct 2016 10:01 WIB
hama wereng
Distan Jawa Timur Siapkan Tujuh Laboratorium Antihama
Ilustrasi penyemprotan untuk mengusir hama tanaman. (Foto: MI/Amiruddin Abdullah)

Metrotvnews.com, Surabaya: Dinas Pertanian Jawa Timur menyiapkan tujuh laboratorium Pengamatan Hama Penyakit Tanaman Pangan dan Hortikultura (PHPTPH) di sejumlah daerah di Jatim. Tujuh PHPTPH itu berada di Pamekasan, Malang, Jember, Bondowoso, Bojonegoro, Jombang, dan Batu. 

"Apalagi Jatim memasuki musim bercocok tanam mulai bulan Oktober 2016 hingga Maret 2017 mendatang," kata Kepala Dinas Pertanian Jatim, Wibowo Ekoputro, dikonfirmasi, Kamis (20/10/2016).

PHPTPH ini disiapkan untuk mengantisipasi serangan hama atau organisme pengganggu tanaman, memasuki musim tanam raya yang jatuh pada Oktober hingga November mendatang.

Menurut Wibowo, musim bercocok tanam di Indonesia bertepatan dengan masuknya musim hujan. Cuaca hujan membuat hama rentan menyerang tanaman.

"Jika nantinya ditemukan serangan hama pengganggu tanaman, maka laboratorium Hama Penyakit Tanaman Pangan Hortikultura yang disiagakan bakal melakukan gerakan penanganan bersama dengan petani dan Bintara Pembina Desa (Babinsa TNI AD)," ujarnya.

Dia juga menjelaskan perbandingan pada tahun 2015 yang lalu, di mana lahan yang mampu ditanam oleh para petani Jawa Timur hanya 35 ribu hektar.

“Dengan berbagai macam langkah persiapan yang telah dilakukan di tahun 2016 ini, kami menargetkan ada sekitar 130 ribu hektar lahan yang berhasil ditanam pada tahun 2016 ini,” tandasnya.

 


(MEL)