Pemkot Surabaya Percepat Perekeman KTP-el

Faishol Taselan    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:28 WIB
pelayanan e-ktpktp
Pemkot Surabaya Percepat Perekeman KTP-el
Ilustrasi blangko KTP-el - ANT/Ardiansyah.

Surabaya: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya akan mempecepat proses percetakan KTP Elektronik (KTP-el). Hal itu untuk mengejar untuk mengejar Pileg, Pilgub dan Pilpres 2019.

"Di Surabaya masih ada 150 ribu yang belum perekaman KTP. Jumlah itu ditargetkan sampai akhir 2017 tuntas," kata Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Suharto Wardoyo, Kamis 30 November 2017. 

Dari jumlah 150 ribu warga, sebanyak 90 ribu telah selesai perekaman dan siap cetak. Sisanya masih dalam proses dan segera diselesaikan. Apalagi, kata Suharto, khusus untuk Pemilu 2019 harus memakai KTP-el maka prosesnya segera dipercepat. 

"Akhir tahun 2017 kami harus menyelesaikan KTP-el, katanya.

Suharto mengambil kebijakan menjemput bola dengan melakukan perekaman di sekolah SMA/SMK dan rumah warga lansia. Suharto berharap strategi kebijakan dengan jemput bola bisa menyelesaikan semua perekaman dan pencetakan KTP-e di tahun 2018.

Jika pun tahun 2018 belum selesai, pihaknya juga mengantisipasi menerbitkan surat keterangan perekaman KTP untuk calon pemilih Pilgub Jatim 2018.

"Untuk Pilgub Jatim masih bisa pakai surat keterangan kalau melakukan perekaman KTP elektronik, belum juga tuntas," katanya.

Suharto mengatakan, sesuai data Kemendagri warga Surabaya yang wajib KTP sebanyak 2,1 juta orang. Data itu sudah diberikan ke KPU Pusat untuk melakukan pemutakhiran data untuk Pemilu.


(ALB)