Jokowi Serahkan PKH, KIP, dan Rastra Ke 3.750 Warga Gresik

Amaluddin    •    Kamis, 08 Mar 2018 12:50 WIB
pkhkartu indonesia pintarrastra
Jokowi Serahkan PKH, KIP, dan Rastra Ke 3.750 Warga Gresik
Presiden Jokowi dalam acara penyerahan PKH, KIP dan Bansos Rastra. (Medcom.id/Amal).

Surabaya: Presiden Joko Widodo menyerahkan secara simbolis bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Pangan Rastra kepada warga Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kali ini ada 1.250 orang penerima PKH, 1.250 pelajar penerima KIP, dan 1.250 penerima Bansos Pangan Rastra.

"Jadi saya berharap, bagi warga yang menerima program ini, baik PKH, KIP dan Bansos Pangan Rastra, digunakan sebaik mungkin," kata Jokowi, dalam sambutannya di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Kamis, 8 Maret 2018.

Ada beberapa pesan yang disampaikan Jokowi kepada pelajar penerima KIP dan masyarakat yang menerima PKH dan Bansos Rastra. Di antaranya, orang nomor satu di Indonesia itu berpesan agar bantuan yang diberikan dimanfaatkan sebaik-baiknya dan sesuai fungsinya.

"Tolong uang PKH itu digunakan untuk pendidikan dan kebutuhan anak-anak kita," kata Jokowi.




Jokowi menegaskan bahwa uang PKH sebesar Rp1.890.000 itu tidak boleh digunakan untuk kebutuhan suami, misalnya untuk membeli rokok dan lainnya.

"Kalau dibuat untuk beli alat-alat sekolah seperti tas, baju, kaus kaki, silakan. Tapi kalau dibuat beli rokok untuk suami, tidak boleh. Kalau dibuat untuk mainan anak-anak dan gizi untuk ibu-ibu hamil boleh tidak? Boleh, karena itu untuk kebutuhan anak," katanya.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyampaikan pesan kepada para pelajar yang menerima KIP. Ia meminta para pelajar untuk menggunakan bantuan KIP itu hanya untuk keperluan pendidikan. "Kalau dibuat beli pulsa boleh ndak? Tidak boleh. Kalau sampai ketahuan dibelikan pulsa, saya cabut kartunya," ujarnya.

Sebanyak 1.250 pelajar mulai SD, SMP, SMA/SMK dari berbagai sekolah di Gresik menerima KIP. Untuk tingkat SD siswa penerima KIP sebesar Rp500 ribu, siswa SMP Rp750 ribu, sedangkan siswa SMA/SMK sebesar Rp1 juta.

Hadir dalam acara tersebut Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto beserta pejabat terkait.



(ALB)