ITS Beri Gelar Honoris Causa ke Menteri Susi Bulan Depan

Amaluddin    •    Rabu, 11 Oct 2017 19:21 WIB
penghargaan
ITS Beri Gelar Honoris Causa ke Menteri Susi Bulan Depan
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Foto: MI/ATET DWI PRAMADIA

Metrotvnews.com, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berencana menganugerahkan Doctor (Dr) Honoris Causa (HC) kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57, 10 November 2017 mendatang. Susi dipilih karena kiprahnya dalam dunia kemaritiman Indonesia.

Penganugerahan gelar kehormatan ini diusulkan Departemen Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) yang diajukan ke Senat Akademik ITS tahun 2016 lalu. Pemberian gelar ini merupakan bentuk apresiasi ITS kepada Susi karena jasanya dalam membuka perspektif ITS terkait urgensi dunia kemaritiman.

"Sebenarnya penelaahan dan pengkajian penganugerahan ini sudah selesai dilakukan pada bulan April 2017 lalu," kata Sekretaris ITS, Agnes Tuti Rumiati, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Metrotvnews.com, Rabu 11 Oktober 2017.

Menurut pakar statistika ini, kajian pemberian gelar Dr HC ini melalui prosedur yang ketat dan memakan waktu yang cukup lama. Menteri Susi layak mendapat gelar Dr HC, karena ia telah berhasil memperoleh sertifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 9 yang setara dengan Doktor atau S3.

"Apalagi Bu Susi juga merupakan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) ITS," katanya.

Penganugerahan gelar ini akan dilaksanakan bersamaan dengan puncak Dies Natalis ITS ke-57 yang akan dilaksanakan pada 10 November mendatang di Graha Sepuluh Nopember ITS. Pada sidang promosinya nanti, Menteri Susi akan dipromotori oleh Prof. Semin, Prof. Dr. Ketut Buda Artana serta Raja Oloan Saut Gurning sebagai co-promotor.

Sementara itu, Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS, M. Badrus Zaman, gelar ini diberikan karena kiprah Menteri Susi di sektor maritim dan komitmennya dalam membangun budaya maritim. "Hal ini berpengaruh pada tertatanya sektor ekonomi, sektor teknologi kelautan dan peningkatan pengelolaan sumberdaya kelautan," kata Badrus.

Selain penganugerahan Dr HC kepada Menteri Susi, dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke-57 ITS tersebut juga direncanakan pelaksanaan 4th Joint Working Group (JWG) yang akan digelar selama tiga hari mulai 23-25 Oktober mendatang di Hotel JW Marriott, Surabaya. JWG ini merupakan forum pertemuan pimpinan perguruan tinggi negeri Indonesia dan Jepang.

"Ini merupakan program Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Jadi agenda ini sungguh penting bagi masa depan kampus di Indonesia dan Jepang,” jelas Maya Shovitri, Ketua Panitia 4th JWG pada saat yang sama.

Menurut dosen Biologi ini, JWG akan menjadi ajang unjuk gigi ITS dan PTN di Indonesia untuk memamerkan inovasi di kancah internasional. Dalam pelaksanaannya akan terdapat 200 peserta yang akan memamerkan hasil inovasi mereka. Pertemuan ini diinisiasi oleh Majelis Rektor PTN Indonesia yang dibawahi langsung oleh Kemenristekdikti.


(SUR)