Satu Desa di Sidoarjo Menolak Bantuan Mobil Operasional

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 28 Dec 2017 19:14 WIB
pemda
Satu Desa di Sidoarjo Menolak Bantuan Mobil Operasional
Mobil operasional desa bantuan dari Pemkab Sidoarjo, Jawa Timur -- medcom.id/Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, memberikan bantuan berupa mobil desa ke ratusan kepala desa. Dari 354 kepala desa di Sidoarjo, satu desa menolak menerima bantuan mobil tersebut.

"Ada enam desa dan tiga kelurahan yang tidak mendapatkan mobil operasional desa ini. Satu diantaranya, yakni (Desa) Trosobo menolak. Sedangkan, yang delapan desa terdampak lumpur," kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Kamis, 28 Desember 2017.

Saiful menjelaskan, mobil operasional tersebut untuk meningkatkan kinerja kepala desa dan kelurahan se-Kabupaten Sidoarjo. Pemberian ini juga untuk kepentingan rakyat, bukan untuk kepentingan pribadi.

(Baca: Kejari Sidoarjo bakal Bantu Kades Aman Gunakan Mobil Bantuan)

Seorang kepala desa di Kecamatan Porong Misbakhul Anwar mengatakan bahwa pemberian mobil operasional desa ini sejatinya belum ada SOP (Standar Operasional Prosedur). Namun, pihaknya siap jalan jika dibutuhkan warga.

"Karena mobil ini pemberian dari pemda, jadi mau tidak mau ketika dibutuhkan warga harus siap jalan," singkatnya.

Mobil operasional desa sejatinya program pemerintah Sidoarjo pada 2016. Namun, pelaksanaannya sempat terganjal persetujuan anggota DPRD Sidoarjo.

Seiring waktu berjalan, program mobil operasional desa kembali diajukan tahun ini. Mobil senilai Rp69 miliar ini sudah dimasukan ke dalam paket tambahan anggaran APBD PAK 2016.

(Baca: DAU Ditunda, Pembelian Mobil Operasional Desa Sidoarjo Tetap Terealisasi)


(NIN)