PKB Cari Pasangan Gus Ipul di Pilkada Jatim

Amaluddin    •    Sabtu, 22 Jul 2017 19:24 WIB
pilgub jatim 2018
PKB Cari Pasangan Gus Ipul di Pilkada Jatim
Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. (Foto: MTVN/Amaluddin).

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan akan mencalonkan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai calon gubernur (cagub) Jawa Timur 2018. PKB saat ini masih mencari pasangan yang akan disandingkan dengan Gus Ipul sebagai calon wakil gubernur (cawagub).

Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar mengaku tengah melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Penentuan cawagub memerlukan kesepakatan dengan partai koalisi.

"Untuk menentukan Cawagub Jatim itu sangat tergantung kesepakatan antarparpol pengusung. Pilgub Jatim kan masih lama," ungkap Halim saat dikonfirmasi, Surabaya, Sabtu 22 Juli 2017.

Halim yang juga Ketua DPRD Jatim itu membantah jika PKB disebut tidak serius mengusung Gus Ipul. Nama Gus Ipul sendiri sudah sesuai dengna rekomendasi para ulama di Jatim.

"PKB sebagai parpol yang didirikan ulama tentunya harus tunduk terhadap rekomendasi ulama. Jadi tugas kami adalah mengamankan rekomendasi ulama tersebut," papar kakak kandung Muhaimin Iskandar itu.

Berdasarkan hasil Surabaya Survei Center (SSC), masyarakat Jatim menginginkan agar Gubernur Jatim berasal dari kalangan nahdliyin. Sedangkan untuk cawagub diharap dari kalangan nasionalis dan juga Nahdlatul Ulama (NU).

"Sebanyak 24,40 persen masyarakat Jatim ingin cawagub dari nasionalis. Kemudian 16,90 persen dari NU," ungkap Dirut SSC, Mochtar W Oetomo.

Keinginan cawagub yang diharapkan dari kalangan nasional karena representasi masyarakat di Jatim secara umum terbagi atas NU dan nasionalis. "Pendapat ini setidaknya didukung oleh 18,8 persen publik Jatim," papar dia.

Ada beberapa nama kandidat cawagub yang disebut layak mendampingi Gus Ipul, yakni Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) dan Kusnadi (Ketua DPD PDIP Jatim). Hasil survei,  Azwar Anas memiliki elektabiitas sebesar 12,9 persen dan Kusnadi sebesar 7,5 persen.

Menurut Mochtar, Azwar Anas dinilai menjadi kandidat cawagub yang paling diinginkan publik karena masyarakat menilai kepemimpinannya sebagai Bupati Banyuwangi berprestasi dan inovatif.

"Kalau menilik data tersebut, maka koalisi semangka (PKB-PDIP) semakin terbukti efektif  dalam Pilgub Jatim mendatang. Realitas politik Jatim memang didominasi kalangan nahdliyin dan nasionalis," pungkas Mochtar.
 


(HUS)