Satu Keluarga di Pacitan Tewas Tertimpa Longsor

Amaluddin    •    Sabtu, 08 Dec 2018 13:19 WIB
bencana longsorbencana banjir
Satu Keluarga di Pacitan Tewas Tertimpa Longsor
Tim SAR gabungan saat proses evakuasi keempat korban tertimbun longsor di Pacitan. (Dok: Tim SAR).

Surabaya: Empat orang korban yang tertimbun longsor di Desa Sidomulyo, Dusun Jambu, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, telah ditemukan. Kini, keempat korban yang merupakan satu keluarga itu telah dievakuasi oleh Tim SAR gabungan, Sabtu, 8 Desember 2018.

"Keempat korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," kata Kabag Humas Pemprov Jatim, Aries Agung Paewei, dikonfirmasi.

Adapun identitas keempat korban itu adalah, Misgiman, 62, Sogirah, 46, Bogiyem, 72, dan Katminem, 58. Keempat korban berhasil dirvakuasi setelah Tim SAR melakukan pengerukan di rumah korban yang tertimbun longsor. "Pengerukan dilakukan dengan menggunakan alat berat," ujarnya.

Selain longsor, banjir juga sempat melanda beberapa titik di wilayah Kebonagung dan menutup akses jalan lintas selatan (JLS) di wilayah Kebonagung. Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Pacitan juga menyebabkan bangunan rumah penduduk, fasilitas umum seperti puskesmas di Kebonagung ikut terendam banjir.

Beruntung para pasien puskesmas secepatnya dievakuasi dengan menggunakan ambulans menuju RSUD dr Darsono Pacitan. Ratusan warga juga telah mengungsi mencari tempat aman demi mengantisipasi kejadian banjir besar sebagaimana terakhir terjadi pada akhir November 2017.

Kondisi hingga Sabtu pagi ini, banjir di kawasan Kebonagung dikabarkan sudah mulai surut. Di kawasan Purwoasri, Kebonagung, banjir sudah surut dan menyisakan kondisi jalan yang tertutup lumpur sepanjang 300 meter yang cukup licin dan membahayakan pengendara.



(ALB)