Izin Usaha di Kepulauan Sumenep Dipermudah

Rahmatullah    •    Senin, 05 Nov 2018 18:22 WIB
pelayanan publik
Izin Usaha di Kepulauan Sumenep Dipermudah
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Sumenep: Warga Kepulauan Sumenep, Jawa Timur, tidak usah repot-repot pergi ke daratan untuk mengurus izin usaha. Pemerintah setempat punya program petugas keliling untuk mempermudah pengajuan izin usaha.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumenep Abd. Majid menyebut tim terjun pada 7 November 2018. Mereka ditugaskan berkeliling Pulau Raas dan Pulau Sapudi selama 6 hari kerja.

"Mereka sedang siap-siap," jelas Majid, Senin, 5 November 2018.

Pengurusan izin dijamin bakal cepat karena petugas akan memproses izin tersebut di tempat. Program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warga kepulauan agar tidak kesulitan.

Majid menyebut sudah ada koordinasi dengan pihak kecamatan yang bakal didatangi. Pihak kecamatan diminta untuk menyiapkan kebutuhan pengurusan izin tersebut.

Program tersebut sudah berjalan sejak tahun lalu. Berkat model pelayanan tersebut, warga pulau dikatakan antusias mengurus izin usaha

Majid yakin pengurusan izin usaha akan meningkat tahun depan. Program tersebut sudah dimasukkan dalam APBD.

“Insyaallah kita sudah agendakan bulan April (2019). Kita bakal datangi Pulau Arja, Kangayan dan Pulau Sapeken," ujar dia.


(SUR)