Pejabat Kemenpan RB Pantau Pembuatan SKCK Online di Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 06 Oct 2016 14:13 WIB
sosial kemasyarakatan
Pejabat Kemenpan RB Pantau Pembuatan SKCK Online di Sidoarjo
Pejabat Kemenpan RB memantau proses pengurusan SKCK di Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Pejabat Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mendatangi Markas Polres Sidoarjo, Jawa Timur. Tujuan kedatangan yaitu memantau penerapan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dengan sistem online.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa, mengapresiasi penerapan pembuatan SKCK online di Polres Sidoarjo. Diah menilai cara itu mempermudah pelayanan pada masyarakat.

"Pengurusannya juga tak terkendala waktu," kata Diah di Mapolres Sidoarjo, Kamis (6/10/2016).

Dengan sistem itu, ungkap Diah, pemohon tak perlu lagi menunggu berjam-jam. Pemohon cukup mengisi formulir untuk kebutuhan pembuatan SKCK dengan mengakses http://sidoarjo.skck.online/. Kemudian, pemohon langsung mendatangi Mapolres Sidoarjo untuk mendapatkan SKCK.

Diah berharap Polres Sidoarjo dapat menularkan penerapan sistem itu ke kantor polisi lain di Indonesia. Bila perlu sistem itu saling berintegrasi dengan kantor polisi lain dan perbankan.

"Dengan demikian perbaikan-perbaikan data base bisa ditingkatkan," ujar Diah.

Kapolres Sidoarjo AKBP Muh Anwar Nasir berterima kasih atas apresiasi tersebut. Anwar mengatakan akan terus meningkatkan pelayanan untuk masyarakat.

"Ini merupakan salah satu program prioritas Polres Sidoarjo yakni memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat," kata Anwar.

Pada Kamis 1 September, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menpan RB Asman Abnur meluncurkan pelayanan publik SKCK Online di Sidoarjo. Selain Sidoarjo, Tito menyebutkan tujuh Polres di Jatim menerapkan pelayanan publik berbasis sistem online.

Beberapa di antaranya SKCK Online dan SKCK Keliling Online (Polres Sidoarjo); Go SIAP Pelayanan Publik Terintegrasi Berbasis IT (Polres Gresik); We Are Ready dan Kentongan Online Berbasis Android (Polres Jember). 

Di Polres Malang, ada Panic Button On Hand dan Aplikasi Pelayanan Tindak Kriminalitas Berbasis Android. Polres Lamongan mengembangkan Sistem Operasi Terpadu Online (Soto) di Polres Lamongan. Sementara Polres Bojonegoro menerapkan Crime Alarm System dan Aplikasi Pelaporan Berbasis Android. 

"Lain lagi dengan Polres Tuban yang memiliki Sistem Siaga Bumi Wali (SIGI) yakni Informasi Pelayanan Pengaduan Berbasis Android," kata Kapolri saat berada di Sidoarjo.


(RRN)