Calon Haji Kabupaten Malang Diberangkatkan

Aditya Mahatva Yodha    •    Senin, 29 Aug 2016 09:50 WIB
haji 2016
Calon Haji Kabupaten Malang Diberangkatkan
Jemaan calon haji asal Kabupaten Malang, Jatim. (Foto-foto: Metrotvnews.com/Aditya Mahatva Yodha)

Metrotvnews.com, Malang: Halaman Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin 29 Agustus pagi dipadati ribuan jemaah calon haji (JCH). Mereka diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"Saya mohon seluruh jemaah calon haji menaati peraturan di Arab Saudi karena aturan Indonesia dan Arab berbeda, dan mengikuti tata tertib selama melaksanakan ibadah haji, terus jangan berpisah dari rombongan," pesan Wakil Bupati Malang Sanusi saat melepas JCH di Halaman Parkir Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Jumlah JCH asal Kabupaten Malang yang diberangkatkan tahun ini mencapai 1.421 orang. Sebab, satu calon haji bernama Surahman bin Marjani, 63, asal RT 06 RW 03 Desa Purworejo, Donomulyo gagal berangkat lantaran alasan kesehatan. 


Wakil Bupati Malang melepas bus rombongan jemaah calon haji menuju Asrama Haji Sukolilan Surabaya.

"Surahman melakukan cuci darah setiap seminggu sekali dan harus disuntik selama empat jam sekali," kata Kepala Kator Kementerian Agama Kab Malang, Moh As'adul Anam.

Anam mengaku pemberangkatan haji kali ini lebih tertib dibanding tahun sebelumnya. Tidak ada lagi masalah keterlambatan visa. 

"Alhamdulillah tahun ini pengurusan visanya lancar, sehingga JCH tidak ada yang tertunda pemberangkatannya," tambah Anam.

1421 JCH berangkat menggunakan 42 bus. Sedangkan barang bawaan calon haji diangkut 10 truk menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

JCH asal Kabupaten Malang terbagi dalam empat kelompok terbang. Kloter 51 dan 52 akan diterbangkan ke Tanah Suci hari ini. Keesokan harinya kloter 53 dan 54. Tiap kloter didampingi lima petugas.


(SAN)