Pemprov Siapkan Ketersediaan Air Bersih Warga Sampang

Antara    •    Jumat, 01 Sep 2017 10:45 WIB
kemarau dan kekeringan
Pemprov Siapkan Ketersediaan Air Bersih Warga Sampang
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan ketersediaan air bersih untuk warga Sampang, Madura, yang mengalami kekurangan air, karena bencana kekeringan.

"Air bersih sangat penting dan masyarakat membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Benny Sampir Wanto, Jumat 1 September 2017.

Pihaknya berharap segera ada usulan data terperinci dari Pemerintah Kabupaten terkait kawasan mana saja yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih.

Besaran bantuan, kata Benny Sampir, akan diberikan ke daerah sesuai dengan surat pengajuan pemerintah setempat sehingga permohonan harus segera terkirimkan.

"Kalau sudah terdata dan rinci maka segera ditindaklanjuti. Biasanya memang permohonan dikuatkan oleh monitoring tim terkait," ucapnya.

Untuk jangka waktu kebutuhan air masyarakat, lanjut dia, menyesuaikan pengajuan yang ditetapkan dan ditandatangani oleh bupati dalam surat pernyataan darurat.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Sampang di sejumlah media massa menginformasikan belum bisa memberikan bantuan air bersih kepada penduduk yang wilayahnya dilanda kekeringan, karena pada anggaran tahun ini BPBD setempat tidak mengalokasikan anggaran penanganan bencana kekeringan.


(ALB)