Antisipasi Bencana Kekeringan, Pemprov Jatim Siapkan Rp100 Miliar

Syaikhul Hadi    •    Minggu, 17 Sep 2017 18:16 WIB
kemarau dan kekeringan
Antisipasi Bencana Kekeringan, Pemprov Jatim Siapkan Rp100 Miliar
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. MTVN/Rahmatullah

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp100 miliar/tahunnya untuk mengatasi kekeringan di Jawa Timur. Meski begitu anggaran itu bisa di cairkan jika pemerintah kota/kabupaten tak mampu menangani kekeringan tersebut.

"Selama ini kan sudah selesai di kabupaten/kota. Kami juga menyiapkan anggaran 100 miliar per tahun," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf saat di Sidoarjo, Minggu, 17 September 2017.

Gus Ipul, sapaan akrabnya menerangkan, anggaran tersebut masuk dalam anggaran kedaruratan yang mana sudah dipersiapkan setiap tahunnya. Meski begitu, anggaran itu tidak terpakai semua.

"Artinya, hal ini bisa dikendalikan oleh pemerintah kabupaten atau kota. Kalaupun nanti terpaksa statusnya darurat, kami minta bupati atau walikota untuk berkoordinasi dengan Pemprov Jatim," tegasnya.

Selama ini, pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah untuk mengatasi desa yang terdampak kekeringan. Salah satunya pasokan air. Menurutnya, ditahun ini kekeringan yang ada di Jawa Timur masih terbilang turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau tahun ini masih turun, tapi memang ada desa-desa yang sulit baik untuk pengeboran itu sendiri maupun pengiriman air dari desa-desa sebelah. Terutama dideda-desa yang ada diwilayahnya pegunungan," jelasnya.

Sementara, di desa-desa areal persawahan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Kabupaten/kota agar tetap terpantau kondisi kekeringan yang ada diwilayahnya masing-masing.

"Untuk status darurat dari data sebelumnya belum tahu ada tambahan atau tidak. Tentunya hal ini akan terus kami koordinasikan dengan Bupati atau walikota untuk melaporkan status wilayahnya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur," ujarnya.


(ALB)