Sopir Truk Penabrak 12 Pemotor di Sidoarjo Ditetapkan Tersangka

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 26 Jul 2017 10:09 WIB
kecelakaan truk
Sopir Truk Penabrak 12 Pemotor di Sidoarjo Ditetapkan Tersangka
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Sopir truk penabrak 12 pemotor di Sidoarjo ditetapkan sebagai tersangka. Kecelakaan tersebut menyebabkan satu orang tewas dan yang lainnya luka-luka.

"Berdasarkan hasil olah TKP (tempat kejadian perkara) dan dari keterangan beberapa saksi, Harun, 36, selaku sopir truk kami tetapkan sebagai tersangka," kata Kasatlantas Polrestabes Sidoarjo Kompol Wahyu Endrajaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu 26 Juli 2017.

Wahyu menjelaskan, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap sopir truk pasca-kecelakaan yang terjadi pada 24 Juli 2017. Menurut pengakuan sopir, truk dengan nomor polisi S 9217 UE yang ia kemudikan mengalami rem blong.

(Baca: Truk Tabrak 12 Pemotor, 1 Tewas)

Setelah dilakukan pemeriksaan pada truk, ternyata tidak ada upaya pengereman oleh sopir. "Unsur kesalahan dominan ada di truk. Namun, saat kejadian tidak ada upaya pengereman," jelasnya.

Sopir truk tersebut dijerat dengan Pasal 310 ayat 4 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tentang Kelalaian yang Menyebabkan Seseorang Meninggal Dunia dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

Sebelumnya, kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Gilang, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Insiden tabrakan maut terjadi pada pukul 09.30 WIB. Saat itu, kondisi lalu lintas padat merambat.

Truk, pikap, dan beberapa motor berjalan dari arah barat ke timur. Tiba-tiba, truk mengalami rem blong dan menabrak kendaraan di depannya. Tak ayal, pengendara motor tertabrak, terlindas, bahkan ada yang masuk kolong truk.


(NIN)