Pemerintah Desa masih Fokus Kembangkan Infrastruktur

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 10 Aug 2017 20:24 WIB
pemerintah
Pemerintah Desa masih Fokus Kembangkan Infrastruktur
Ilustrasi jalan ambles, Ant

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Pengembangan dan pembinaan masyarakat desa di Sidoarjo masih belum optimal. Pasalnya, pemerintah desa saat ini tengah terfokus pada infrastruktur. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran Sidoarjo, Anang Solikhuddin. Menurut Anang, sesuai program-program di tahun sebelumnya, infrastruktur merupakan program prioritas yang dicanangkan pemerintah. 

"Setelah infrastruktur, harapan kami BUMDes bisa meningkatkan sektor perekonomian masyarakat," papar Anang, Rabu, 9 Agustus 2017. 

Dalam pembangunan infrastruktur sendiri, pemerintah desa sudah mencanangkan perawatan aspal dan saluran, pembangunan balai posyandu serta balai RW. Selebihnya, desa juga melakukan pengembangan di bidang kesejahteraan masyarakat. Seperti, pelatihan pembuatan hydrophonik, penyuluhan narkoba bagi remaja. 

Di samping itu, pihaknya juga memiliki tiga program untuk pemberdayaan masyarakat. Yaitu Pasar Desa, Gedung Serbaguna, dan wisata Kolam Pancing berikut lokasi Outbond (Anak-anak). Namun, program itu bisa terealisasi ditahun 2018 mendatang. 

"Saat ini masih sosialisasi pembuatan Perdes dan BUMDes. Targetnya tahun depan," katanya. 

Meski dicanangkan pada tahun mendatang, pihak desa sudah menyiapkan segala sesuatunya. Misalkan, adanya lahan seluas 1 hektar yang masih berbentuk sawah. Nantinya, lahan tersebut bisa dijadikan lokasi wisata kolam pancing dan outbond. Selain itu, ada juga lahan seluas 3.200 meter persegi. Lahan tersebut bisa dijadikan opsi antara pembangunan gedung serbaguna maupun pasar desa. 

"Makanya, nanti kita lihat dulu, mana yang lebih didahulukan. Apakah gedung serbaguna atau pasar desa. Mengingat, jumlah penduduk disini juga banyak," tandasnya. 


(RRN)