Warga Kepulauan di Sumenep Butuh Simulasi Gempa

Rahmatullah    •    Jumat, 28 Dec 2018 18:29 WIB
simulasi bencana
Warga Kepulauan di Sumenep Butuh Simulasi Gempa
TNI bawa bantuan logistik untuk korban gempa di Pulau Sapudi, Sumenep, Jawa Timur, Jumat, 12 Oktober 2018, Medcom.id - Rahmatullah

Sumenep: Gempa mengguncang Pulau Sapudi, Sumenep, Jawa Timur, pada Oktober dan November 2018. Warga berharap pemerintah memberikan simulasi agar bencana tak menelan korban.

Guncangan gempa merusak ratusan rumah beberapa waktu lalu. Tiga orang meninggal dalam kejadian tersebut. 

Kejadian itu membuat warga setempat trauma. Warga bereaksi dan menyelamatkan diri pun sesuai naluri.

Baca: Korban Gempa di Sapudi Masih Trauma

"Ya karena kami memang belum mendapatkan simulasi," ujar Pusawi, warga Kecamatan Nonggunong, Pusawi. 

Sedianya, lanjut Pusawi, informasi mengenai potensi gempa sangat penting. Sehingga warga dapat lebih siap mengatasi dampak bencana.

“Kita nanti bisa bergerak sendiri sebelum petugas datang ke lokasi bencana. Tapi kita berharap tidak terjadi lagi gempa,” ungkapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd Rahman Riadi, berencana membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di Pulau Sapudi. Destana nanti akan dibekali kemampuan tanggap darurat saat bencana. Tapi tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Tahun 2019 kita akan bentuk Destana di Desa Bulla’an, Kecamatan Batuputih. Karena di sana juga pernah gempa. Kemungkinan nanti tahun 2020 baru kita bentuk di Sapudi. Pembentukan Destana menyesuaikan dengan anggaran,” ujar Rahman.

Lihat video:



(RRN)