Pusat Perbelanjaan pun Jadi Target Pengamanan

Daviq Umar Al Faruq, Kusbandono    •    Senin, 14 May 2018 17:23 WIB
Teror Bom di Surabaya
Pusat Perbelanjaan pun Jadi Target Pengamanan
Anjing penjaga K-9 ikut memperketat pengamanan di Mapolres Malang Kota, Senin 14 Mei 2018, Medcom.id - Daviq Umar

Malang: Pengamanan di Malang, Jawa Timur, tak hanya dilakukan di kantor polisi setelah bom meledak di beberapa lokasi di Surabaya. Tapi, pengamanan juga dilakukan di pusat perbelanjaan.

Pantauan Medcom.id, Senin 14 Mei 2018, penjagaan dilakukan di Mall Olympic Garden (MOG) dan Malang Town Square (Matos). Beberapa polisi berjaga di sekitar mal.

"Seluruh mal kami tingkatkan keamanannya karena dimungkinkan orang banyak datang ke sana," kata Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri.

Asfuri mengatakan hingga sore ini, tak ada laporan yang mencurigakan di Malang. Namun ia meminta warga Malang tak termakan informasi yang kebenarannya diragukan.

"Apabila ada yang mencurigakan atau menemukan barang yang kira-kira mencurigakan tidak perlu didekati dan segera informasikan kepada kami," ujar Asfuri.

Sementara itu pengamanan di Mapolres Malang Kota diperketat. Polisi memeriksa warga yang hendak berurusan di markas. Selain polisi bersenjata, pengamanan juga melibatkan anjing penjaga K-9.

Di Jember, Polres menggandeng tokoh masyarakat untuk menangkal kemunculan kelompok terorisme. Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan menjalin komunikasi dengan Babinkamtibmas, Babinsa, dan kepala daerah.

"Agar mewaspadai orang-orang yang mencurigakan untuk segera menyampaikan kepada kepolisian, sehingga bisa diambil langkah antisipasi," ujar Kusworo.

Pengetatan keamanan pun dilakukan di perumahan, seperti Dharma Alam Jember. Warga dan tamu harus menjalani pemeriksaan di gerbang komplek.

"Sejak kemarin ada pemeriksaan oleh satpam. Pintu masuk hanya satu sekarang. Jam malam pun dibatasi hingga pukul 22.00 WIB," kata Iffan, warga perumahan Dharma Alam Jember.


(RRN)