H-10 Lebaran Jembatan Widang Sudah Bisa Dilalui

Amaluddin    •    Rabu, 18 Apr 2018 17:35 WIB
jembatan rubuh
H-10 Lebaran Jembatan Widang Sudah Bisa Dilalui
Sebuah truk terguling saat jembatan penghubung Tuban-Lamongan ambruk, Selasa, 17 April 2018, dok: istimewa

Surabaya: Pemerintah Pusat bakal memperbaiki Jembatan Widang di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII menargetkan jembatan sudah bisa dilewati saat musim mudik lebaran. 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, I Ketut Darmawahana mengatakan material rangka baja pengganti akan didatangkan dari Jakarta.

"Rangka baja Callender Hamilton (CH) yang didatangkan dari Jakarta," kata Ketut, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Medcom.id, Rabu, 18 April 2018.

Ketut mengatakan bahwa Jembatan Widang atau Jembatan Cincin Lama merupakan jalur penghubung Kabupaten Lamongan dan Tuban. Konstruksi jembatan tersebut adalah jembatan rangka baja CH tipe B yang dibangun sejak 1978 silam.

Jembatan sepanjang 260 meter itu memiliki enam bentang. Lima di antaranya berbahan rangka baja, satu bentang lainnya berbahan beton. Jembatan yang ambruk berada di bentang ketiga, berbahan rangka baja. 

"Sehingga konstruksi jembatan yang ambruk itu bisa dilewati kembali sebelum lebaran 2018. Kami mohon doa masyakarat agar perbaikannya lancar. Kami targetkan H-10 lebaran jembatan sudah bisa dilewati lagi," katanya.

Ketut mengatakan bahwa BBPJN VIII sudah berkoordinasi dengan Direktorat Jembatan Kementerian PUPR untuk menganalisis penyebab ambruknya Jembatan Widang. 

Saat ini, kata Ketut, ada dua tim yang sedang bekerja di lokasi ambruknya jembatan tersebut. Yakni tim independen Direktorat Jembatan yang menganalisis penyebab ambruknya jembatan, dan tim evakuasi truk yang tercebur di Bengawan Solo.

"Kami upayakan secepatnya, karena jembatan ini jalur utama distribusi barang dan jasa di Pantura. Kami juga meminta maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat dan turut berbelasungkawa atas korban yang meninggal," kata Ketut.



(ALB)