Tahun Depan, Angkutan Pelajar di Madiun Digratiskan

Antara    •    Selasa, 14 Nov 2017 12:14 WIB
transportasi
Tahun Depan, Angkutan Pelajar di Madiun Digratiskan
Ilustrasi transportasi, MTVN - M Rizal

Madiun: Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, menyediakan transportasi untuk para pelajar. Pelajar bebas menggunakan angkutan tersebut dengan gratis, aman, dan nyaman, menuju sekolah atau saat pulang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Ansar Rasidi mengatakan angkutan itu untuk pelajar SMP dan SMA. Sehingga, lanjutnya, tak ada lagi pelajar yang mengendarai sepeda motor ke sekolah.

"Karena di usia mereka, belum bisa punya SIM. Jadi tak boleh mengendarai sepeda motor, apalagi mobil. Di lain sisi, orang tua sibuk dan tak bisa menghantarkan anaknya ke sekolah," ujar Ansar di Madiun, Selasa 14 November 2017.

Program itu, lanjut Ansar, masih dalam kajian yang melibatkan sejumlah sekolah. Dishub Kota Madiun juga menyurvei sembilan sekolah terkait program tersebut.

Pengkajian dan survei untuk menentukan lokasi pengangkutan, jumlah pelajar, dan fasilitas angkutan yang tepat. Dishub juga mempertimbangkan jumlah angkutan untuk program tersebut.

Rencananya, kata Ansar, program itu diluncurkan pada pertengahan tahun depan. Nantinya, angkutan sekolah gratis ditempatkan di sejumlah lokasi yang gampang diakses pelajar.

"Jadi program ini harus betul-betul matang ketika sudah diaplikasikan tahun 2018 nanti. Sedangkan penggunaan bus, itu kita akan minta bantuan dari pemerintah pusat," kata dia.



(RRN)