Pengunjung Pameran Buku di Surabaya Belanja hingga Puluhan Juta Rupiah

Amaluddin    •    Kamis, 20 Oct 2016 17:48 WIB
pameran buku
Pengunjung Pameran Buku di Surabaya Belanja hingga Puluhan Juta Rupiah
Pengunjung mendatangi pameran buku Big Bad Wolf di Surabaya, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Ribuan warga terus berdatangan ke Big Bad Wolf (BBW) Book Sale di Surabaya, Jawa Timur. Petugas keamanan di pameran buku itu pun berbagi tips agar warga merasa lebih nyaman berbelanja.

Eko Purnawan, petugas keamanan di JX International Expo, mengatakan keramaian terjadi di jam-jam tertentu. Eko mengatakan itu sesuai dengan pengamatannya di dua hari pelaksanaan BBW.

"Biasanya, ramainya di jam 11.00 sampai jam 14.00. Habis itu agak lengang. Lalu ramai lagi mulai jam 19.00 sampai dengan jam 21.00," kata Eko di JX International Expo, Kamis (20/10/2016).

Eko mengaku ia sempat berkomunikasi dengan beberapa pengunjung pameran. Ada yang datang dari Bogor, Medan, Cirebon, Yogyakarta, dan beberapa kabupaten/kota di Jatim. Ada juga pengunjung dari Tiongkok dan Amerika Serikat.


(Suasana di pameran buku Big Bad Wolf di Surabaya, MTVN - Amaluddin)

Para pengunjung tak hanya membeli satu atau dua buku. Malah, ia melihat beberapa pengunjung membawa puluhan buku dengan beragam genre.

"Pernah ada pengunjung mengaku beli buku sampai Rp40 juta. Katanya sih buat dijual lagi," lanjut Eko.

Dari pantauan Metrotvnews.com, beberapa pengunjung memang membeli banyak buku. Satu di antaranya Annisa, 37.

Annisa mengaku berasal dari Malang. Annisa membeli buku untuk kemudian ia jual kembali via online. 

"Hari ini saya belanja sampai Rp20 juta. Setelah belanja, saya kirim ke Malang dengan jasa pengiriman," kata perempuan berkerudung warna hitam tersebut.

Tak mau kalah, Eko Syaputra pun membeli puluhan buku. Tak tanggung-tanggung, pria asal Jember itu belanja hingga Rp20 juta.

"Sebagian saya jual kembali. Sebagian lagi saya simpan sebagai koleksi pribadi. Ada juga yang mau saya sumbangkan," ujar Eko.

Pameran buku digelar di lantai dasar JX International Expo Surabaya. Di lantai dua, pengunjung dapat bersantai sejenak sambil menyantap minuman dan makanan.

Acara itu berlangsung mulai 19 hingga 31 Oktober 2016. Acara tersebut digelar 24 jam nonstop. BBW ditargetkan dapat mengulang kesuksesan acara serupa di Jakarta. Acara tersebut menjual ribuan buku dari dalam maupun luar negeri. Uniknya, buku dijual dengan potongan harga mulai 60 hingga 80 persen.


(RRN)