Ahmad Dhani Siapkan Saksi Meringankan

Amaluddin    •    Selasa, 23 Oct 2018 15:40 WIB
penipuanujaran kebencian
Ahmad Dhani Siapkan Saksi Meringankan
Musisi Ahmad Dhani (tengah) didampingi Kivlan Zen dan penasihat hukum hadir dalam audiensi dengan pimpinan DPR pada Januari 2017. MI/Susanto

Surabaya: Kuasa Hukum Ahmad Dhani Prasetyo, Tjejep M Yasien, menyiapkan saksi pada pemanggilan kliennya terkait kasus ujaran kebencian pada, Jumat, 26 Oktober 2018. Saksi dihadirkan untuk meringankan Dhani dalam kasus tersebut.

"Kami siap menghadirkan saksi meringankan," kata Cecep, sapaan akrabnya, dikonfirmasi, Selasa, 23 Oktober 2018.

Cecep berulang kali menegaskan keberatan dengan status tersangka yang ditetapkan Polda Jatim terhadap Dhani. Ia berpendapat Dhani tidak bersalah. Bahkan, ia menganggap Dhani sebagai korban. 

"Mas Dhani ini sebenarnya korban yang berbalik menjadi pelaku. Sebab, dia ini datang ke undangan relawan #2019GantiPresiden sebagai tamu, makanya pedemo Mas Dhani ini salah alamat," ujarnya.

Baca: Ahmad Dhani Mangkir Lagi

Dhani hanya sekali datang dari tiga kali pemanggilan Polda Jatim terkait kasus tersebut. Kali ini, Ahmad Dhani juga mangkir pada pemanggilan perdana Polda Jatim sebagai tersangka kasus ujaran kebencian. Cecep pun membantah kliennya disebut mangkir dalam kasus tersebut.

"Bukan mangkir, tapi masih ada kegiatan. Insyaallah Mas Dhani akan memenuhi panggilan kasus ujaran kebencian pada Jumat, 28 Oktober," katanya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mempersilakan Dhani mengajukan praperadilan jika tidak terima dengan penatapan status tersangka tersebut. 

"Silakan saja diuji di praperadilan kalau memang tidak sepaham. Yang jelas, penetapan status bukan bentuk kriminalisasi. Jadi, itu sudah sesuai Pasal 27 ayat 3 UU ITE tentang pencemaran nama baik melalui media sosial," ujarnya.

Baca: Ahmad Dhani Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

Ahmad Dhani dilaporkan Koalisi Bela NKRI karena dalam vlog menyebut kelompok penolak deklarasi 2019 Ganti Presiden di Surabaya pada 26 Agustus lalu dengan kata-kata "idiot". Kata-kata idiot oleh Ahmad Dhani diucapkan saat ngevlog di lobi Hotel Majapahit Surabaya.

Video tersebut viral melalui akun instagram Ahmad Dhani. Saat itu, dia tertahan di hotel karena massa penolak deklarasi 2019 Ganti Presiden menggelar aksi di depan hotel. Akibatnya, Dhani tidak bisa bergabung dengan kelompok pendeklarasi 2019 Ganti Presiden di sekitaran Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.


(ALB)