Karang Taruna Diharapkan jadi Garda Terdepan Berantas Masalah Sosial

Syaikhul Hadi    •    Sabtu, 07 Oct 2017 20:30 WIB
Karang Taruna Diharapkan jadi Garda Terdepan Berantas Masalah Sosial
Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa saat memotivasi pemuda Karang Taruna untuk berperan aktif dalam program pemerintah. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berharap kalangan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna menjadi garda terdepan penyelesaian masalah sosial. Terutama penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

"Sudah saatnya adanya revitalisasi fungsi Karang Taruna sebagai lini terdepan untuk menyelesaikan berbagai persoalan," ujar Khofifah dalam peringatan Bulan Bhakti Karang Taruna, Desa Sambungrejo, Sukodono, Sidoarjo, Sabtu 7 Oktober 2017.

Hal ini sesuai Permensos Nomor 77 tahun 2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Karang Taruna memiliki "cengkraman" yang sangat luas di Indonesia. Mereka satu-satunya organisasi sosial pemuda yang memiliki struktur di tingkat desa hingga kelurahan.

Bukan tidak mungkin hal ini dilakukan. Sampai hari ini, penurunan angka kemiskinan merupakan program prioritas PMKS secara Nasional.

Menso juga menawarkan pemuda Karang Taruna untuk ikut pendaftaran Pendamping Program Keluarga Harapa (PKH). Mereka bisa mulai mendaftar secara online sejak hari ini.

"Bis supervisor, operator, atau koordinator kabupaten maupun wilayah. Setidaknya ini menjadi kesempatan emas bagi mereka untuk menjadi lini terdepan dalam penanganan fakir miskin," jelasnya.

Khofifah juga menyebut Indonesia sedang penggelembungan di kelompok usia muda. Dibutuhkan semangat untuk mememberdayakan energi positif dan produktifitas kalangan pemuda. Pemuda-pemudi Indonesia harus ikut berperan di beragam program pemerintah.

"Nah, karena karang taruna yang dibentuk dari desa dan kelurahan sudah seharusnya mempunyai peran. Agar dana desa bisa dimanfaatkan dengan baik dan bisa produktif," tandasnya.
(SUR)