Ratusan Warga Tertipu Tim Sukses Gadungan Gus Ipul-Anas

Amaluddin    •    Jumat, 29 Dec 2017 13:11 WIB
penipuanpilgub jatim 2018
Ratusan Warga Tertipu Tim Sukses Gadungan Gus Ipul-Anas
lustrasi--Antara/M Agung Rajasa

Surabaya: Penipuan mengatasnamakan tim sukses (timses) salah satu pasangan kandidat bacagub/bacawagub Jawa Timur mulai terjadi. Di Surabaya, Elisabeth Susanti alias Santi, seorang yang mengaku tim sukses pasangan cagub/cawagub Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas menipu ratusan orang.

Modusnya, Santi menjanjikan memberikan bantuan dana hibah Rp15 juta per orang untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Caranya, mereka harus menyetorkan uang sebesar Rp540 ribu.

Rinciannya, sebesar Rp500 ribu biaya untuk mendaftarkan diri sebagai timses Gus Ipul-Anas. Sedangkan Rp40 ribu untuk membuka rekening bank untuk mencairkan bantuan dana hibah tersebut.

Kasus ini terjadi di daerah Rungkut, Surabaya. Santi melakukan aksinya sejak Minggu, 24 Desember 2017, hingga akhirnya terungkap.

Kapolsek Rungkut, Kompol Esti Setija Oetami, membenarkan bahwa kasus ini terjadi di wilayah kerjanya. Untuk data sementara, ada sekitar 150 orang yang menjadi korban penipuan kasus tersebut.

Esti tak banyak komentar perihal tersebut. Esti juga belum mengetahui secara pasti motif penipuan ini. Sebab, saat ini pihaknya tengah memeriksa saksi dan korban penipuan tersebut. 

“Kami juga masih mendata ada berapa korban. Tadi malam kami sudah mulai memanggil satu per satu korban,” kata Esti, Jumat, 29 Desember 2017.

Mantan Kapolsek Gayungan itu mengimbau agar masyarakat mewaspadai modus penipuan yang memanfaatkan situasi pilkada. Pada dasarnya, kata Esti, apa yang dilakukan Santi murni penipuan.

“Artinya dia sudah punya niat tidak baik alias niat menipu. Hanya, dia pandai membaca situasi pilkada, agar korban percaya dengan iming-iming untung besar,” katanya.


(ALB)