Mendagri: Mereka seperti Manampar Wajah Saya

Amaluddin    •    Kamis, 12 Oct 2017 16:05 WIB
penyerangan kantor kemendagri
Mendagri: Mereka seperti Manampar Wajah Saya
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Surabaya: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo  meradang. Dia meminta aparat menindak tegas pelaku penyerangan hingga mengakibatkan kerusakan di kantor Kemendagri Rabu kemarin, 11 Oktober 2017.

"Perusakan kantor itu sama halnya menampar wajah saya. Karena itu saya minta diproses secara hukum," kata Tjahjo, usai menjadi Inspektur Upacara HUT ke-72 Provinsi Jawa Timur, di halaman Tugu Pahlawan, Surabaya, Kamis 12 Oktober 2017.

(Baca: Kemendagri Laporkan Insiden Penyerangan dan Perusakan)

Insiden perusakan kantor kementerian itu terjadi saat puluhan orang mengatasnamakan sebagai Barisan Merah Putih Tolikara datang. Pendukung calon Bupati Tolikara Jhon Tabo-Barnabas Weya yang kalah pada Pilkada 2017 menuntut surat pengangkatan Bupati Tolikara terpilih dibatalkan.

Tiba-tiba, mereka menggeruduk kantor Kemendagri di Jakarta. Kaca di Kantor Kemendagri pecah, pintu beberapa ruangan jebol, sejumlah pot tanaman serta sebuah mobil dinas milik pejabat Kemendagri juga rusak.

(Klik: Penyerang Kemendagri Suruhan Kelompok yang Kalah di Pilkada)

Tjahjo menyebut, kasus terkait Pilkada Tolikara sudah selesai karena telah diputus Mahkamah Konstituasi (MK). "Perusakan di kantor saya itu sudah salah alamat. Karena terkait kasus Pilkada itu adalah haknya MK dan itu sudah final mengikat," kata Tjahjo

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Soemarsono sudah dua kali menemui massa. Soemarsono sudah berupaya menjelaskan secara baik-baik pokok permasalahan yang mereka tuntut. Tapi mereka tetap bergeming.

Penyerangan terjadi sekira pukul 15.00 WIB sebelum membahas sengketa Pilkada Tolikara 2017 dengan Dirjen Otoda Soni Soemarsono. Namun sebelum pertemuan dimulai, massa kabur dari ruangan kemudian langsung menyerang Kantor Kemendagri.

 


(SUR)