Gus Ipul tak Akan Gugat Hasil Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Sabtu, 30 Jun 2018 14:36 WIB
pilkada 2018
Gus Ipul tak Akan Gugat Hasil Pilgub Jatim
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (kiri) didampingi Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar dalam keterangan pers di Surabaya, 29 Juni 2018, Ant - M Risyal Hidayat

Surabaya: Calon nomor urut 2 Pemilihan Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul tak akan menggugat apapun hasil penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bilapun ada pelanggaran, Gus Ipul dan beberapa kiai yang mendukungnya legowo.

"Sehingga mereka tak akan membawa masalah itu ke hukum. Mereka cukup mengetahui," ujar Gus Ipul di Surabaya, Jumat, 29 Juni 2018.

Sementara itu Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengatakan pelaksanaan Pilgub Jatim sebagai cara untuk mengabdi pada kiai. Yang penting, mereka melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

"Kita tidak ngomong menang kalah, tapi barokah," ujarnya.

PKB merupakan salah satu partai yang mendukung Gus Ipul-Puti Soekarno dalam Pilgub Jatim 2018. Selain PKB, pasangan calon nomor urut 2 itu juga didukung PDI Perjuangan, PKS, dan Gerindra.

Pencoblosan dilakukan pada 27 Juni 2018. Gus Ipul-Puti kalah pada penghitungan cepat atau quick count beberapa lembaga survei. Pasangan nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestyanto Dardak menang dalam quick count.

Hingga berita ini dimuat, KPU masih melakukan penghitungan suara. Terkait indikasi kecurangan, ujar Gus Halim, para kiai tengah membentuk tim pencari fakta. Hasil temuan menjadi catatan putih bagi tim.



(RRN)