Sambut Lebaran Polda Jatim akan Rekayasa Lalu Lintas

Amaluddin    •    Jumat, 13 Apr 2018 16:26 WIB
hari raya idul fitri
Sambut Lebaran Polda Jatim akan Rekayasa Lalu Lintas
Ilustrasi rekayasa lalu lintas. (Foto: Media Indonesia)

Surabaya: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur akan menerapkan rekayasa lalu lintas pada liburan lebaran 2018. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada Idulfitri tahun ini.

"Hampir semua daerah di Jatim terdapat titik kemacetan, nanti akan berupaya merubah titik-titik tersebut agar tidak menjadi kemacetan," kata Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Heri Wahono, dikonfirmasi, Jumat, 13 April 2018.

Menurut Heri, titik rawan macet paling sering terjadi di sepanjang jalur Pantura, kemudian jalur tengah yang melintas dari Ngawi hingga Jombang. Nantinya, kata Heri, pihaknya akan membuka enam jalur mudik maupun balik mulai dari jalur tengah, utara, selatan, jalur tapal kuda hingga menuju Banyuwangi. 

"Kemudian jalur disepanjang pulau Madura. Terakhir adalah jalur tol nanti akan kita siapkan menghadapi arus mudik maupun balik lebaran tahun 2018," katanya.

Tak hanya itu, Polda Jatim nantinya juga akan memperhatikan jalur di kawasan wisata yang menghubungkan kota Batu dengan kota Pandaan Pasuruan. Sebab, jalur tersebut kerap macet saat akhir pekan maupun libur panjang. 

"Kami nanti akan menyebar personel Polantas dititik-titik kemacetan. Polda Jatim juga akan merekayasa lalu lintas guna meminimalisasi kecelakaan maupun kemacetan," katanya.

Sementara terkait jalur tol yang hingga kini masih dalam proses pengerjaan seperti jalur Kertosono-Wilangan, kata Heri, ruas tol tersebut tetap akan difungsikan selama arus mudik meski hanya satu jalur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban kendaraan yang melintas pada jalan arteri. 

"Kemudian untuk jalur Kertosono hingga Wilangan itu dalam tahap pengerjaan, Insya Allah menjelang mudik akan dioperasionalkan meskipun hanya satu jalur," kata Heri.


(ALB)