Kebakaran Hutan Ringgit Disebabkan Arang

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 12 Sep 2018 16:12 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Kebakaran Hutan Ringgit Disebabkan Arang
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Surabaya: Sekitar 23 hektare hutan di kawasan Hutan Ringgit, Pasuruan, Jawa Timur terbakar. Kebakaran diduga karena berasal dari arang yang lupa dimatikan.

"Informasi yang kami dapat dari para relawan dan petugas di sana, penyebab kebakaran itu dari pembuatan arang. Mungkin lupa dimatikan atau masih tersisa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, Rabu, 12 September 2018.

Kemungkinan kebakaran hutan dan lahan karena faktor alam sangat kecil. Hampir seluruh kebakaran yang terjadi saat ini karena keteledoran atau kesengajaan manuasia.

Di Gunung Ringgit misalnya, pemangku hutan mengingatkan warga tidak menyalakan api jauh-jauh hari. "Sejak awal kemarau sudah kami ingatkan agar tidak menyalakan api. Terlebih musim kemarau ini sangat mudah menyebabkan kebakaran," jelasnya.

Baca: Puluhan Hektare Hutan Gunung Ringgit Pasuruan Terbakar

Beruntung kebakaran tersebut tidak berdampak pada pemukiman warga. Jarak antara lahan yang terbakar dengan pemukiman warga diperkirakan mencapai tiga hingga empat kilometer.

Kebakaran yang terjadi sejak Minggu, 9 September 2018, sempat membuat warga setempat khawatir. Warga langsung membuat sekat api dengan membakar ranting yang sudah dikumpulkan.

"Kalau kemarin masih terbakar, sekrang sudah reda. Hanya asap-asap saja yang masih terlihat," tandasnya.


(SUR)