Polda Jatim Kirim Bantuan ke Lombok

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 07 Aug 2018 11:27 WIB
Gempa Lombok
Polda Jatim Kirim Bantuan ke Lombok
Persiapan personel dari Polda Jatim yang akan berangkat membantu penanganan setelah gempa di Lombok, NTB, Senin, 6 Agustus 2018, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Polda Jawa Timur memberangkatkan 200 personel dan tujuh tenaga medis ke lokasi bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hingga Selasa, 7 Agustus 2018, sebanyak 91 orang meninggal setelah gempa di Lombok.

Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin melepaskan pasukan di halaman terminal kargo Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, Senin, 6 Agustus 2018. Menurut Kapolda, pasukan dan tenaga medis bertugas membantu penanganan korban bencana di Lombok hingga waktu yang belum ditentukan.

"Namun, tenaga medis sudah kita berangkatkan lebih dulu," ujar Machfud usai pemberangkatan pasukan, Senin, 6 Agustus 2018. 

Para personel berada di bawah kendali operasi Mabes Polri. Soal waktu tugas, Machfud mengatakan itu bergantung pada instuksi Kapolri.

Selain dari Indonesia, sejumlah negara pun menawarkan bantuan untuk korban gempa. Beberapa di antaranya Singapura, Malaysia, dan Australia.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Halimah Yacob menyampaikan pernyataan bantuan itu kepada Presiden RI Joko Widodo. Pemerintah Singapura akan memberikan sumbangan sebesar USD100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar untuk para korban gempa Lombok. 

Sumbangan tersebut merupakan tahapan awal dari kegiatan penggalangan dana oleh Palang Merah Singapura.

Sementara Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah menghubungi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Saifuddin mengatakan bantuan-bantuan dari Malaysia telah siap sejak kejadian gempa yang pertama.

Lihat video:
 


(RRN)