Pil Koplo di Sidoarjo Berlabel Vitamin B

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 26 Sep 2017 16:14 WIB
narkobaobat berbahaya
Pil Koplo di Sidoarjo Berlabel Vitamin B
Seratus ribu pil koplo yang diciduk di Sidoarjo. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Jaringan pengedar pil koplo di Sidoarjo, Jawa Timur, dibongkar tim Polres Sidoarjo. Pil dibungkus label vitamin B.

"Jadi, pelaku cukup lihai mengecoh petugas," kata Kasat Narkoba Polresta Sidoarjo, Kompol Sugeng Purwanto, Selasa 26 September 2017.

Pil koplo banyak diedarkan ke kalangan pelajar. Tablet memabukkan itu dibandrol Rp1.000 per butir. Tapi, tambah Sugeng, komplotan ini acap menjual ke pelajar per pak berisi 1.000 pil. "Rp500 ribu per pak." 

Baca: Polisi Cokok Pengedar 100 Ribu Pil Koplo di Sidoarjo

Selain murah, pil ini diburu kalangan pelajar karena berefek melayang. Apalagi, kebanyakan mereka yang menggunakan obat tersebut dioplos dengan miras. "Obat itu bisa membuat mereka merasa tenang, untuk menghilangkan capek, dan cepat ngantuk," katanya.

Polresta Sidoarjo menangkap Anton Suasmo Putro, 21, dan Lingga Ardiyansyah alias Gendut, 24, selaku pengedar pil koplo tersebut. Keduanya berasal dari Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Dua pelaku dicokok saat tengah membawa sabu seberat 0,36 gram dikawasan desa Jemundo. Lalu, petugas melakukan pengembangan dirumah pelaku.

Barang itu didapat keduanya dari salah seorang yang menggunakan sistem ranjau. Sistem jual beli ini, antara pelaku dan pengirim barang sama-sama tidak tahu. Pengirim meletakkan barang di suatu tempat, kemudian diambil oleh kedua pelaku.


(ALB)