Pilgub Jatim 2018

DPD Serahkan Satu Nama Bakal Cagub Jatim ke DPP PDIP

Amaluddin    •    Selasa, 22 Aug 2017 16:33 WIB
pilkada 2018
DPD Serahkan Satu Nama Bakal Cagub Jatim ke DPP PDIP
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, MTVN - Ririn

Metrotvnews.com, Surabaya: Hanya satu nama yang mendaftar ke PDI Perjuangan sebagai calon gubernur Jawa Timur, yaitu Saifullah Yusuf. DPD PDI Perjuangan Jatim pun menyerahkan nama tersebut ke DPP. Sementara lima nama lain mendaftar sebagai calon wakil gubernur. 

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, mengatakan proses pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur sudah ditutup pada 14 Juni 2017. Sedangkan keputusannya akan disampaikan paling lambat akhir Agustus.

"Yang jelas kami terlebih dahulu melakukan survei, siapa kandidat yang paling diinginkan masyarakat Jatim," kata Kusnadi.

Kusnadi menerangkan setiap pendaftar mengikuti prosedur. Mulai dari melengkapi berkas administrasi, penjaringan, hingga uji kelayakan dan kepatutan. Setelah itu, DPD akan melakukan survei.

Kemudian DPD mengirimkan rekomendasi ke DPP. Penetapannya dilakukan DPP.

"Itu menjadi kewenangan DPP, kami (DPD PDIP Jatim-Red.) hanya meneruskan saja ke DPP," lanjut Kusnadi.

Kusnadi mengatakan, PDI Perjuangan hanya memiliki 19 kursi di DPRD Jatim. Modal itu belum memenuhi syarat mengusung calon sendiri di kursi parlemen. Lantaran itu, lanjut Kusnadi, PDI Perjuangan akan membangun koalisi dengan partai politik lain di Jatim.

Adapun lima orang yang mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur Jatim yaitu Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi, Bupati Ngawi Budi (Kanang) Sulistyo, anggota Komisi E DPRD Jatim Suhandoyo, anggota DPR RI Said Abdullah, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. 

Namun Said Abdullah tak mengembalikan formulir. Sehingga DPD hanya mengirim lima nama kandidat ke DPP.


(RRN)