Polres Jombang Sita Ribuan Petasan dari Industri Rumahan

Nurul Hidayat    •    Selasa, 13 Jun 2017 16:21 WIB
petasan
Polres Jombang Sita Ribuan Petasan dari Industri Rumahan
Ribuan petasan yang disita Kepolisian Resor Jombang, Jawa Timur. (Metrotvnews.com/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Jombang: Kepolisian Resort Jombang, Jawa Timur, menggerebek dua rumah yang digunakan untuk memproduksi petasan.Polisi menangkap dua orang dalam kasus ini dan menyita ribuan butir petasan.

Kepala Polres Jombang AKBP Agung Marlianto mengatakan lokasi pertama penggerebekan berada di Dusun Semelo, Desa Kayen dan Desa Brangkal, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Selasa, 13 Juni 2017. Jajarannya menangkap AF, 25, pembuat petasan. AF merupakan warga setempat.

"Penggerebekan merupakan tindak lanjut informasi masyarakat," kata Agung.

Satu orang lagi adalah MR, 34, yang berlaku sebagai pemasok. MR merupakan warga Dusun Semelo, Desa Kayen, Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Namun, MR kabur sebelum petugas datang.

Polisi hanya menyita 2.000 buah mercon, 50 kilogram belerang, dan 200 sumbu petasan. Barang bukti itu dibawa ke Mapolsek Bandar Kedungmulyo. 

Para pelaku akan dijerat dengan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Api dan Bahan Peledak dengan ancaman 20 tahun penjara. 

Agung berjanji kepolisian akan terus menekan peredaran petasan. Jajarannya juga tengah memburu satu pelaku yang masih melarikan diri.


(SAN)