Sebelum Terbakar, Perputaran Uang di Pasar Porong Baru Capai Miliaran per Hari

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 10 Nov 2016 13:31 WIB
kebakaran pasar
Sebelum Terbakar, Perputaran Uang di Pasar Porong Baru Capai Miliaran per Hari
Bupati Sidoarjo meninjau lokasi kebakaran di Pasar Porong Baru, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Perputaran uang di Pasar Porong Baru Sidoarjo, Jawa Timur, mencapai miliaran rupiah dalam sehari. Namun sejak terbakar dua hari lalu, perputaran uang di pasar tersebut pun bakal merosot.

Kebakaran menghanguskan 700 kios di Pasar Porong Baru Sidoarjo pada Selasa sore 8 November. Kerugian akibat kejadian tersebut ditaksir miliaran rupiah.

Kepala PD Pasar Porong Baru, Sugiyono, mengakui transaksi di fasilitas umum itu menguntungkan. Sebanyak 2.500 pedagang berjualan di pasar itu sejak 2010.

Transaksi tak hanya terjadi antara pedagang dengan warga setempat. Pedagang di pasar itu juga menyuplai barang dagangan ke beberapa daerah misal Madura, Gresik, Mojokerto, hingga Pasuruan.

"Pedagang di sana mengambil barang dagangannya di sini. Makanya omset pedagang cukup besar," kata Sugiyono di Pasar Porong Baru, Kamis (10/11/2016).

Barang dagangan di pasar yang memiliki luas 6 hektare itu beragam. Mulai dari sayuran, ikan, daging, buah, peralatan rumah tangga, hingga bumbu makanan.

Sugiyono tak menampik para pedagang menderita kerugian cukup besar setelah kebakaran. Barang-barang dagangan mereka hangus terbakar. Sementara itu, mereka belum dapat kembali berjualan dalan waktu dekat.

"Yang jelas kami akan mengupayakan mereka segera berjualan lagi," kata Sugiyono.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengakui Pasar Porong Baru berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi setempat. Lantaran itu ia mengaku prihatin dengan kebakaran yang menghanguskan kios di lima blok pasar tersebut.

Bupati berjanji akan segera mengupayakan pedagang dapat kembali berjualan. Namun ia mengaku belum menemukan tempat untuk merelokasi pedagang.

"Tapi untuk sementara, petugas mendata korban terlebih dulu," ujar Bupati saat meninjau lokasi kebakaran pada Rabu (9/11/2016) malam.


(RRN)