Pelayaran Kalianget ke Kangean dan Masalembu Ditutup

Rahmatullah    •    Senin, 28 Aug 2017 16:28 WIB
cuaca buruk
Pelayaran Kalianget ke Kangean dan Masalembu Ditutup
Penumpang kapal sedang menunggu pelayaran di ruang tunggu pelabuhan Kalianget Sumenep – MTVN/ Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Kantor Kesyahbandaran dan Operator Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, menyetop dua jalur pelayaran. Faktor cuaca buruk membahayakan keselamatan penumpang kapal.
 
Kepala KSOP Kalianget, Ferry Agus Satrio, menuturkan, pelayaran di pelabuhan Kalianget dihentikan sejak kemarin. Adapun rutenya ada dua jalur, yaitu Kalianget-Kangean dan Kalianget-Masalembu. Di dua jalur itu gelombang cukup tinggi, sehingga membahayakan keselamatan penumpang.
 
“Sejak hari Minggu kemarin pelayaran ke kepulauan kita hentikan,” jelas Ferry, Senin 28 Agustus 2017.
 
Tapi untuk rute Kalianget-Jangkar masih tetap beraktivitas, karena gelombang di jalur itu tidak tinggi. Untuk penumpang kapal rute tersebut masih tetap bisa bernafas lega.
 
Ferry mengaku tidak bisa memastikan hingga kapan penundaan pelayaran itu. Selama cuaca di perairan tetap tidak bersahabat, pelayaran tetap tidak bisa dilanjutkan, sebab keselamatan penumpang merupakan hal utama. Karenanya, Ferry mengaku akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk mengetahui kondisi cuaca terkini.
 
“Yang jelas pelayaran akan dibuka ketika cuaca sudah normal,” jelasnya.
 
Dia berharap semua penumpang bersabar. Kata dia, lebih baik menunggu cuaca normal daripada penumpang tidak pernah tiba ke tempat tujuan.
 
Selain itu, Ferry mengaku sudah menginstruksikan kepada seluruh operator kapal memberitahukan informasi cuaca ke penumpang. Informasi mengenai cuaca dan penundaan pelayaran juga dipasang di pintu pelabuhan.
 
Saat ini, tinggi gelombang di perairan Sumenep antara 0,5-1,2 meter. Sedangkan kecepatan angin antara 5-20 knot.


(SAN)