Ratusan Penumpang Kapal Terlantar di Hari Pertama Mudik Gratis

Rahmatullah    •    Senin, 19 Jun 2017 17:38 WIB
mudik lebaran 2017
Ratusan Penumpang Kapal Terlantar di Hari Pertama Mudik Gratis
Peserta mudik gratis terlantar di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Foto: MTVN/ Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Ratusan penumpang kapal mudik gratis tujuan Pulau Kangean terlantar di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, Senin 19 Juni 2017. Padahal sebagian penumpang ada yang menunggu pemberangkatan kapal sejak kemarin. Ada juga yang menunggu sejak pagi hari. 

Sesuai jadwal, hari ini merupakan hari pertama mudik gratis program Pemprov Jawa Timur bagi warga pulau.

Terlantarnya ratusan penumpang ini disebabkan armada kapal KM Bahari Express 9C masih belum selesai diperbaiki. Armada ini tersangkut karang di Pulau Kalosot Desa Brakas, Kecamatan Ra'as, Sumenep, Sabtu 17 Juni 2017 lalu. Baling-baling kapal rusak akibat insiden kecelakaan laut tersebut.
 
Seorang penumpang, Vivin Yuliana, mengaku kecewa karena tidak ada armada yang bisa beroperasi ke Pulau Kangean. Padahal untuk mendapatkan tiket kapal gratis itu, dia mengaku antre puluhan menit, dan berdesakan dengan warga lain.
 
“Saya ingin cepat pulang, sudah kangen orangtua,” kata perempuan yang mengaku sebagai mahasiswa salah satu kampus di Sumenep itu.
 
Dia berharap pemerintah mencari solusi pas untuk angkutan laut. Setiap tahun, kata dia, warga pulau selalu direpotkan dengan persoalan satu ini.
 
Sementara penumpang lain, Aroful, menuturkan sebenarnya pelayaran akan dilangsungkan pukul 8 pagi tadi. Setelah penumpang siap-siap, ternyata ada pemberitahun pelayaran ditunda ke pukul 14.00 Wib. Lalu sebelum pukul 14.00 Wib ada pemberitahuan lagi, bahwa pelayaran tidak bisa dilakukan lantaran kapal masih ada di Ra’as.
 
Dia berharap besok pagi kapal sudah bisa dilayarkan ke Pulau Kangean. Karena jika tidak, maka akan ada penumpukan penumpang. Katanya, kapal berkapasitas 425 penumpang, dan warga pulau yang ingin pulang lebih dari seribu orang.
 
“Bisa dibayangkan jika besok tetap tidak ada kapal. Maka penumpang akan menumpuk. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana reaksi warga pulau karena terlantar di pelabuhan,” terang dia.
 
Sementara Humas Bahari Express, Zainal, mengaku sudah menerjunkan tim untuk memperbaiki kapal di Ra’as. Kata dia, kapal sudah sandar di pelabuhan dan dalam perbaikan.
 
“Saya tidak bisa memastikan apakah besok kapal bisa berlayar atau tidak,” jelasnya.
 
Sebab itu, lanjut Zainal, penumpang yang memiliki tiket pemberangkatan tanggal 19 dan 20 Juni, akan diberangkatkan tanggal 21 Juni. Sementara bagi yang pegang tiket untuk tanggal 21 dan 22 Juni, akan diberangkatkan pada tanggal 22 Juni.
 
“Kapal akan dilayarkan pada pagi dan siang hari,” tutupnya.
 
Rencananya, kapal mudik gratis ke pulau Kangean akan dimulai hari ini hingga tanggal  24 Juni. Kemudian dari tanggal 27 Juni hingga 2 Juli mendatang merupakan balik gratis.


(ALB)