Server UNBK di Sidoarjo Sempat Ngadat

Syaikhul Hadi    •    Senin, 23 Apr 2018 13:39 WIB
ujian nasional
Server UNBK di Sidoarjo Sempat <i>Ngadat</i>
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memantau pelaksanaan UNBK tingkat SMP

Sidoarjo: Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kabupaten Sidoarjo sempat terganggu server down. Downnya server diduga karena over kapasitas penggunaan server pada pelaksanaan UNBK. 

"Enggak semua terganggu server. Buktinya di SMP Negeri 2 tidak ada problem. Hanya di SMPN 1 saja tadi yang sempat ngadat beberapa menit," kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat meninjau pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat di jalan Ponti Kecamatan Kota Sidoarjo, Senin, 23 April 2018.

Meski sempat ada kendala di server, Saifil meyakini kendalanya bukan terletak pada server yang ada di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Melainkan server pusat. 

"Pusat. Mungkin pusat membagi server, entah satu, dua atau tiga. Karena kan pelaksanaanya se-Indonesia. Mungkin dibagi. Sehingga terjadi overload," katanya. 

Pelaksanaan UNBK dimulai sejak pukul 08.30 WIB dengan diawali mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pihaknya berharap gangguan server bisa segera diatasi dan bisa menjadi bahan evaluasi untuk  kedepannya. 

"Saya lihat tadi dari CCTV ruangan kepala sekolah di SMP Negeri 2 lancar-lancar saja (normal). Semoga kedepannya bisa segera teratasi," singkatnya. 

Sementara Kepala Sekolah SMPN 2 Sidoarjo, Mochammad Kholiq mengaku bersyukur pelaksanaan UNBK dihari pertama ini tak terganggu server. Pelaksanan UNBK hari ini diikuti kurang lebih sekitar 408 siswa yang dibagi tiga sesi. 

"Alhamdulillah lancar. Jumlah siswa yang ikut sekitar 408 siswa. Sedangkan jumlah Komputer untuk pelaksanaan UNBK ada sekitar 145. Jadi, ada tiga sesi untuk tahun ini. Mudah-mudahan tahun depan bisa dilakukan dua sesi dengan menambah komputer," singkat Kholiq. 


(ALB)