Pelayanan Polisi Harus Berbasis IT

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 22 May 2018 22:19 WIB
pelayanan publik
Pelayanan Polisi Harus Berbasis IT
Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud saat menghadiri peresmian E-Policing di Polres Malang, Selasa 22 Mei 2018. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Malang: Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin memerintahkan jajarannya harus beri pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan pelayanan publik berbasis informatika dan teknologi (IT).

"Seperti program Polres Malang ini sungguh sangat luar biasa. Kedepan program polisi harus demikian semuanya, pelayanan publik berbasis IT," katanya saat menghadiri peresmian Malang E-Policing di Polres Malang, Selasa 22 Mei 2018.

Polres Malang telah membuat terobosan baru dengan meluncurkan aplikasi online bernama Malang E-Policing. Aplikasi untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat ini diresmikan secara langsung oleh Kapolda Jatim.

"Saya berharap Polres Malang nantinya bisa menjadi polres yang mendapatkan penilaian zona integritas dari Menpan RB (Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Refotmasi dan Birokrasi)," bebernya.

Kapolda berharap Polres Malang mendapatkan penghargaan atas pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sebab, beberapa polres di daerah lainnya telah mendapatkan penghargaan tersebut.

"Kita sudah ada banyak. Mulai dari Polrestabes Surabaya, Polres Jember, Polres Sidoarjo kemudian Polres Gresik semua sudah mendapat. Kriterianya ada semuanya dan Menpan RB yang punya penilaian," tuturnya.

Aplikasi Malang E-Policing ini memiliki sembilan pelayanan publik kepolisian dari masing-masing satuan Polres Malang. Salah satunya layanan tombol SOS yang berfungsi untuk bantuan kepolisian, layanan ambulans dan pemadam kebakaran.


 


(SUR)