Kantor Dispendukcapil Jombang Dijaga Satpol PP

Nurul Hidayat    •    Rabu, 22 Nov 2017 15:21 WIB
e-ktp
Kantor Dispendukcapil Jombang Dijaga Satpol PP
Satpol PP berjaga-jaga di Dispendukcapil Jombang, Rabu, 22 November 2017, MTVN - Nurul Hidayat

Jombang: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjaga-jaga di sekitar Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jombang, Jawa Timur, Rabu 22 November 2017. Mereka bertugas menjaga kondisi di kantor tersebut saat ratusan orang sedang mengantre untuk memenuhi kebutuhan data KTP elektornik (KTP-el).

Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Jombang M Roni Afriandi mengatakan tim beranggotakan 10 orang. Mereka bertugas sejak kemarin. 

"Penjagaan dilakukan setelah berkoordinasi dengan Dispendukcapil," ujar Roni.

Tujuannya untuk menjaga ketertiban dalam antrean. Sehingga tak ada warga yang berjubel di depan pintu masuk. Tugas lain yaitu menyampaikan informasi yang valid seputar pengurusan KTP-el kepada warga. 

Roni mengatakan belum tahu kapan penjagaan dihentikan. Namun, hingga beberapa hari ke depan, penjagaan dari satu regu akan terus dilibatkan.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jombang Achmad Sjarifudin mengapresiasi keterlibatan Satpol PP. Ia berharap keberadaan Satpol PP dapat membuat antrean lebih tertib.

"Ini adalah satu upaya peningkatan pelayanan kepada para pemohon administrasi kependudukan di kantor Dispendukcapil Jombang," tandasnya.

Dalam sebulan belakangan, antrean terjadi di Kantor Dispendukcapil Kota Jombang. Tak jarang, warga mendatangi kantor yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasym itu sejak dini hari. Salah satu warga, samiji, beralasan ia datang sejak dini hari lantaran tak mau kehabisan nomor antrean.

Sjarifudin menegaskan ia tak pernah mengarahkan warga untuk datang lebih pagi. Sebab, jam kerja petugas Dispendukcapil Kota Jombang dimulai pukul 08.00 WIB. 

Adapun mekanisme pembuatan KTP-el di Dispendukcapil Jombang dimulai dari warga yang mengambil nomor antrean di meja informasi, Kemudian warga menunggu panggilan untuk penyerahan data. Setelah verifikasi data, pemohon melakukan perekaman. Namun pemohon tak bisa langsung mendapatkan blangko KTP-el. Proses pencetakan KTP-el memakan waktu tidak lebih 30 menit.


(RRN)