Terduga Teroris Surabaya Diduga Coba Rekrut Anggota

Amaluddin    •    Sabtu, 09 Dec 2017 20:41 WIB
terorismedensus 88
Terduga Teroris Surabaya Diduga Coba Rekrut Anggota
Ilustrasi pasukan Detasemen Khusus Anti-teror 88. ANT/Agung Rajasa.

Surabaya: DY alias MM terduga teroris di Surabaya diduga terlibat dalam jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan pernah berangkat ke Suriah pada 2013. DY ditangkap karena diduga hendak merekrut anggota untuk bergabung dengan ISIS.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ronny Suseno mengatakan, DY diduga terkait dengan Abu Jandal, salah satu pentolan ISIS untuk pasukan asal Indonesia.

"Ada indikasi selama tinggal di Jalan Ampel Kembang Surabaya, MM melakukan upaya perekrutan anggota baru untuk gerakan ISIS," kata Ronny, usai mendampingi Tim Densus 88 Polri melakukan penggeledahan di Jalan Ampel Kembang nomor 25 Surabaya, Sabtu, 9 Desember 2017.

Ronny tak bicara banyak saat ditanya apakah DY telah berhasil merekrut anggota di Surabaya. Hal tersebut akan disampaikan perwira berwenang dari Mabes Polri.

DY saat ini masih diperiksa Tim Densus 88 di Polda Jawa Timur. "Saat ini masih didalami terkait hal itu, nanti biar Mabes Polri yang menyampaikan," kata Ronny.

Tim Densus 88 Mabes Polri telah menggeladah kediaman DY. Ada empat kotak berisi dokumen dan berkas penting milik DY. Ditemukan logo bergambar kelompok ISIS pada salah satu dokumen, yang selanjutnya akan dipelajari Tim Densus 88 Polri untuk didalami.

DY merupakan warga asal Kenjeran Surabaya, sebelum membeli rumah di kawasan Ampel Surabaya untuk pindah domilisi. Pada 2013, DY berangkat ke Suriah bersama Abu Jandal selama setahun.

Sepulang dari Suriah, DY menempati rumah di Jalan Ampel Kembang Nomor 25, Surabaya, bersama seorang istri dan tiga anak. Sejak itu, DY berupaya merekrut anggota baru untuk bergabung dengan ISIS. Namun upaya itu berhasil digagalkan Tim Densus 88 Mabes Polri.


(DRI)