Kabupaten Malang Diterjang Banjir

Aditya Mahatva Yodha    •    Rabu, 18 Oct 2017 12:24 WIB
banjir
Kabupaten Malang Diterjang Banjir
Banjir di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur -- istimewa

Metrotvnews.com, Malang: Banjir menerjang Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Banjir disebabkan Sungai Panguluran yang tak mampu menampung debit air akibat hujan yang terus mengguyur selama tiga hari berturut-turut.

"Hujan sudah turun sejak tiga hari, namun puncaknya terjadi tadi malam. Sehingga, beberapa rumah warga tergenang banjir," kata Sutopo, warga Desa Sitiarjo, Rabu 18 Oktober 2017.

Laporan sementara, ada 10 rumah terendam banjir. Katinggian air mencapai 30 centimeter.

"Warga terdampak banjir saat ini diungsikan ke Balai Gereja Kristen Jawi Wetan Induk Sitiarjo. Beberapa harta dan ternak warga juga ikut diungsikan," tambah Sutopo.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bambang Istiawan mengatakan, pihaknya sudah turun ke Desa Sidoarjo untuk membantu warga terdampak banjir. "Kami memberikan bantuan berupa family kit, obat, dan makanan. Untuk berapa jumlah rumah warga yang terdampak, kami masih melakukan assestment," teranganya.

Hingga saat ini, hampir seluruh wilayah Kabupaten Malang masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Intensitas hujan paling tinggi terjadi di wilayah Malang selatan, seperti Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kepanjen, Turen, dan Kecamatan Gedangan.


(NIN)