Bantuan Rp1,6 Miliar untuk Korban Puting Beliung Sidoarjo Segera Disalurkan

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 06 Dec 2017 17:46 WIB
puting beliung
Bantuan Rp1,6 Miliar untuk Korban Puting Beliung Sidoarjo Segera Disalurkan
Sejumlah rumah dan fasilitas uimum rusak di Sidoarjop diterjang puting beliung. Foto: Medcom.id / Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memvalidasi 752 korban puting beliung di tiga desa Kecamatan Waru, yang bisa mendapat bantuan. Jumlah itu menurun dibandingkan jumlah kerusakan rumah warga sebelumnya yang tercatat 902 KK.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo telah menvalidasi jumlah korban bencana puting beliung di tiga desa, yakni Tambak Rejo, Tambak Sawah, dan Tambak Sumur. "Hari ini baru selesai proses validasi," jelas Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito, Rabu, 6 Desember 2017.

(Baca: Pemkab Klasifikasi Korban Puting Beliung Sidoarjo)

Dia mengakui, pencairan memang belum terlaksana lantaran terkendala di verifikasi. Karena validasi telah selesai, pencairan pun akan segera dilakukan.

"Dari jumlah itu terklarifikasi, kerusakan rumah ringan jumlahnya 734 rumah, kerusakan sedang sekitar 15 rumah, dan kerusakan berat tiga rumah," jelasnya.

Rumah rusak ringan mendapat bantuan Rp5 juta, rusak sedang Rp10 juta, dan kerusakan berat Rp20 juta. Jumlah total bantuan yang sebelumnya disiapkan sebanyak Rp4 miliar, menjadi Rp.1,591 miliar.

"Setelah ini, pencairan akan dilakukan. Mereka yang sudah memiliki rekening, akan dicairkan melalui rekening masing-masing. Sedangkan korban yang belum memiliki rekening, akan dibuatkan melalui rekening bank Jatim," tandasnya.

(Baca: Perbaikan Dampak Puting Beliung Sidoarjo Dianggarkan Rp6 Miliar)


(SUR)