KPU Jember Usulkan Perubahan Dapil di Pileg 2019

Kusbandono    •    Jumat, 09 Mar 2018 19:08 WIB
pileglegislatif
KPU Jember Usulkan Perubahan Dapil di Pileg 2019
ilustrasi Metrotvnews.com

Jember: Menjelang Pemilihan legislatif dan Pemilihan Presiden yang akan di gelar pada 2019, Komisi Pemilihan Umum terus bersiap. Termasuk rencana perubahan daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Jember.

KPU Jember telah mengusulkan penataan dapil kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur dengan tiga usulan pola daerah pemilihan.

"Pola pertama tetap menggunakan 6 dapil dengan perubahan pada komposisinya," kata Ahmad Hanafi, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, kepada Medcom.id di ruang kerjanya, Jumat 9 Maret 2018.

Hanafi mencontohkan Kecamatan Sukowono yang awalnya masuk dalam dapil 1 diusulkan dipindah ke dapil 2. Hal itu juga akan berdampak pada jumlah kursi di masing-masing dapil tersebut. 

"Kedua dengan pola 7 dapil dan ketiga 8 dapil." Lanjut Hanafi.

Nantinya, usulan perubahan dapil diserahkan KPU RI, terkait diterima atau tidak usulan tersebut, JPU Jember menyerahkan sepenuhnya kepada KPU pusat. Sebab perubahan dapil harus disesuaikan dengan aturan perundangan-undangan dan kebijakan yang nantinya akan diambil.

"Hal yang mendasari adanya perubahan dapil tersebut diatur dalam PKPU dengan 7 prinsip salah satunya jumlah pertumbuhan penduduk di suatu daerah yang mengalami peningkatan signifikan dan letak geografisnya," tambah Hanafi.



(ALB)