Khofifah Sudah Sowan ke Soekarwo

Amaluddin    •    Senin, 02 Oct 2017 19:52 WIB
pilgub jatim 2018
Khofifah Sudah Sowan ke Soekarwo
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo. (MTVN/Amal)

Metrotvnews.com, Surabaya: Khofifah Indar Parawansa mendaftar ke Partai Demokrat sebagai calon gubernur (cagub) di Pilgub Jawa Timur 2018. Sebelum mendaftar, ternyata Menteri Sosial itu ternyata telah izin (sowan) ke Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo.

"Sebelum mengutus orang untuk mendaftar, bu Khofifah terlebih dahulu menemui saya ke Grahadi pukul 19.00 Wib, Sabtu malam," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di Surabaya, Senin, 2 Oktober 2017.

Dalam pertemuan itu, Khofifah menyampaikan keinginannya maju sebagai cagub di Pilgub Jatim. Selain itu, Khofifah juga minta arahan dan masukan untuk tahapan yang harus dilewati dalam Pilgub Jatim. 

"Saya langsung mengarahkan untuk mendaftar ke DPD Partai Demokrat Jatim," kata Pakde Karwo.

Karena itu pria yang juga Gubernur Jatim itu mengapresiasi langkah Khofifah mendaftar sebagai cagub dari partainya. Tak hanya itu, Pakde Karwo juga memuji Mensos RI itu. 

Menurutnya, apa yang dilakukan Khofifah sudah sesuai dengan etika dalam berpolitik dan itu merupakan langkah yang tepat. 

"Bu Khofifah dalam mengambil formulir pendaftaran dengan menugasi orang kepercayaan itu tidak menjadi masalah. Itu legal dan sah karena memang sudah ada surat kuasa penugasan," kata Politisi yang juga anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Terkait peluang Wagub Jatim Saifullah Yusuf yang sudah dua periode mendampingi dirinya, Pakde Karwo menyampaikan secara pribadi Gus ipul memang sohibnya. Tapi Pakde Karwo mengaku dirinya tidak bisa memberi masukan secara pribadi ke partai, karena setiap masukan harus berdasar, misalnya dari hasil survei. 

"Apa yang saya sampaikan ke pusat harus ada dasar yang kompeten, tidak bisa pendapat pribadi menjadi masukan ke partai. Sedangkan untuk keputusan Pilgub Jatim murni menjadi kewenangan DPP dan pihaknya hanya bisa mengikuti dan menjalankan apa yang menjadi keputusan partai," kata Pakde Karwo.


(ALB)