NasDem Jadi Partai Pertama Lulus Verifikasi di Kabupaten Malang

Aditya Mahatva Yodha    •    Jumat, 13 Oct 2017 11:09 WIB
pemilu
NasDem Jadi Partai Pertama Lulus Verifikasi di Kabupaten Malang
Tarian tari tradisional dan sepeda onthel mengantarkan berkas pendaftaran Partai NasDem ke KPU Kabupaten Malang, MTVN - Aditya

Metrotvnews.com, Malang: Partai NasDem menjadi partai pertama yang lulus verifikasi di KPU Kabupaten Malang, Jawa Timur. KPU menyatakan berkas NasDem Kabupaten Malang lengkap.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Malang Khoirul Anam membawa 3.000 kartu tanda anggota sebagai syarat mendaftar Pemilu 2017. Khoirul dan rekan-rekannya mendatangi KPU Kabupaten Malang pada Jumat pagi 13 Oktober 2017.

Pengurus KPU membutuhkan waktu sejam untuk memverifikasi berkas. Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, menyatakan berkas lengkap. 

"Hasil pemeriksaan kami, data Partai NasDem sudah lengkap, dan memenuhi syarat," kata Santoko.

Menurut Santoko, berkas KTA yang dibawa NasDem melebihi syarat pada data Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Di SIPOL, jumlah kader NasDem sebanyak 2.468 orang. Sedangkan pada pendaftaran, NasDem menyerahkan 3.000 KTA. Artinya, jumlahnya lebih banyak 532 kader.

NasDem merupakan partai pertama yang lulus verifikasi. Sebab dua partai lain tak lulus verifikasi.

Dua partai itu yaitu Perindo dan PDI Perjuangan. KPU menyatakan data kedua partai tak lengkap. Sehingga pengurus setempat harus segera memperbaiki data.

Selain NasDem, kata Santoko, dua partai lain juga akan mendaftar hari ini. Yaitu Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Malang Khoirul Anam mengaku bersuka cita dengan keputusan KPU. Ia juga mengaku sengaja menghadirkan tradisi saat menbawa berkas.

Sejumlah kader mendayung onthel menuju kantor KPU Kabupaten di Jalan Panji Kepanjen itu. Beberapa kader juga menarikan tarian tradisional topeng.

"Saat ini, kami ingin menunjukkan NasDem sebagai partai yang dekat dengan rakyat, merawat tradisi, dan budaya," kata Khoirul.

Pendaftaran peserta Pemilu 2019 berlangsung serentak di KPU seluruh Indonesia. Pendaftaran dimulai pada 3 hingga 16 Oktober 2017.




(RRN)