Pemkab Jember Katrol Honor Guru Honorer

Kusbandono    •    Selasa, 27 Feb 2018 21:28 WIB
pendidikanrapbd
Pemkab Jember Katrol Honor Guru Honorer
Ilustrasi. Foto: Antara/Idhad Zakaria

Jember: Jember mengalokasikan dana untuk honor guru tidak tetap (GTT) pada APBD Tahun Anggaran 2018 sesuai dengan usulan DPRD Jember. Dengan tambahan honor tersebut, setiap guru honorer bakal menerima gaji maksimal Rp 1,4 juta perbulan.

Bupati Jember Faida menyampaikan tambahan honor GTT tersebut nantinya akan dimasukkan dalam program pendidikan gratis. "Jadi tidak ada pergeseran anggaran dalam KUA-PPAS. Kita masukkan ke program pendidikan gratis. Karena untuk anggaran pendidikan sebesar 31 persen dari postur APBD," kata Faida, Selasa 27 Februari 2018.

Menurut Faida, secara teknis penambahan honor tersebut akan disesuaikan dengan jumlah GTT. Honor tersebut akan diberikan secara proporsional sesuai dengan masa bakti GTT di SD maupun SMP.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Jember, Ayub Junaidi mengaku tidak mempersoalkan teknis penganggaran tambahan honor GTT.

"Sedari awal yang kita perjuangkan agar GTT yang setiap bulannya hanya mendapat gaji Rp300 ribu perbulan bisa dapat tambahan honor dari APBD," katanya.

Ayub berharap agar Faida benar-benar merealisasikan tambahan honor tersebut. Hal ini mengingat begitu besarnya jasa GTT di dunia pendidikan.

"Sesuai dengan kesepakatan yang disaksikan Pemprov dan Komisi A DPRD Jatim, tambahan honor GTT bisa mencapai Rp1,4 juta per bulan," tambah Ayub.

 


(SUR)