Kesehatan Monyet Korban Semburan Uap Vape Membaik

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 01 Aug 2018 11:24 WIB
satwa dilindungi
Kesehatan Monyet Korban Semburan Uap Vape Membaik
Monyet di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, yang menjadi korban keisengan pengunjung, Medcom.id - Daviq

Batu: Monyet di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, yang menjadi korban keisengan pengunjung dalam kondisi membaik. Demikian hasil observasi yang dilakukan tim dokter hewan di Batu Secret Zoo Jatim Park 2 Jawa Timur.

"Alhamdulillah sehat. Jantung dan paru-paru sudah dicek dan dipantau dokter. Semua oke," kata Manager Marketing and Public Relation Jatim Park Group, Titik S Ariyanto di Kota Batu, Rabu, 1 Agustus 2018.

Monyet koleksi Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, Kota Batu, Jawa Timur yang disembur uap vape atau rokok elektrik oleh salah satu pengunjung termasuk primata langka. Binatang tersebut bernama Red-Tailed Guenon (Cercopithecus ascanius).

Batu Secret Zoo sendiri memiliki dua ekor primata Red-Tailed Guenon, satu pejantan dan satu betina. Karena kejadian tersebut, Batu Secret Zoo langsung mengkarantina dan melakukan observasi kepada monyet yang terdampak uap vape tersebut.

Baca: Monyet yang Disembur Uap Vape Dikarantina

"Monyetnya yang di karantina umur 6 tahun jenis kelamin betina," tambah Titik.

Karantina tersebut dilakukan untuk melihat efek yang didera monyet itu secara umum. Hal itu agar diketahui apakah uap vape dapat berpengaruh ke paru-parunya atau memiliki efek jangka panjang.

"Rencananya hari ini monyet sudah dikembalikan ke kandang display," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video pendek viral di media sosial. Video berdurasi 14 detik itu menuai protes lantaran seorang pengunjung Batu Secret Zoo Jatim Park 2, Kota Batu, Jawa Timur, menyemburkan uap vape atau rokok elektrik ke seekor monyet di dalam kandang.

Video itu menampakkan seorang pria tampak sengaja menyemburkan asap ke arah satwa. Primata tampak membuka mulutnya. Si pria tersebut terdengar tertawa. Video itu diunggah di Instagram pada Minggu, 29 Juli 2018.

Lihat video:
 


(RRN)