Ada Bongkahan Es di Puncak Semeru

Daviq Umar Al Faruq    •    Kamis, 12 Apr 2018 18:08 WIB
gunung berapi
Ada Bongkahan Es di Puncak Semeru
Sejumlah titik frost ditemukan di jalur pasir puncak Gunung Semeru, Rabu 11 April 2018. (Foto: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru)

Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menemukan sejumlah bongkahan es di puncak Gunung Semeru, Rabu, 11 April 2018. Bongkahan es atau frost tersebut ditemukan di sejumlah jalur pasir menuju puncak Gunung Semeru. 

"Pendaki menemukan frost (embun beku) di blok-blok tertentu, tidak keseluruhan di batu-batu itu bersalju," kata Petugas Polisi Hutan (Polhut) TNBTS Susion, saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 12 April 2018.

Susion bilang, frost ditemukan di sejumlah jalur pasir tepatnya berada di puncak bayangan. "Ada beberapa. Warnanya putih. Tapi kalau dibiarkan lama-lama es itu juga cair. Fenomena itu ditemukan sekitar pukul 06.30 pagi," lanjutnya.



Fenomena salju tersebut diakui Susion muncul karena suhu yang sangat dingin di kawasan dengan ketinggian 3.676 mdpl. Terutama saat musim kering dan kemarau.

"Pengalaman tahun kemarin itu salju muncul saat suhu nol derajat. Bahkan bisa di bawah itu (minus). Tergantung musim juga," jelasnya.

Untuk itu, TNBTS mengimbau kepada para pendaki yang hendak menuju ke Gunung Semeru untuk lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan. Sebab, cuaca di gunung sangat dingin.

"Bila fisik atau kesehatan tidak memungkinkan, tidak boleh dipaksakan melakukan pendakian," kata Kepala Balai Besar TNBTS, John Kennedie. 



Apalagi sambung John, pihaknya menemukan sejumlah titik bongkahan es yang menyerupai salju di puncak Gunung Semeru. "Info dari rekan-rekan di lapangan, kemarin (Rabu) kondisi cuaca sangat dingin, dan dari pendaki yang turun juga menyampaikan ada frozen (salju) di jalur pendakian," bebernya.


(ALB)