Malaysia Mendeportasi Delapan TKW asal Medan dan Bandung

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 22 Jun 2017 11:29 WIB
deportasi wni
Malaysia Mendeportasi Delapan TKW asal Medan dan Bandung
Delapan TKW asal Medan dan Bandung yang dideportasi dari Malaysia -- MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Pemerintah Malaysia mendeportasi delapan tenaga kerja wanita (TKW) asal Medan dan Bandung. Diduga, mereka tidak mengantongi kelengkapan dokumen resmi.

Delapam TKW tersebut diturunkan di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis dini hari, 22 Juni 2017. Mereka menumpang pesawat Air Asia dari Kuala Lumpur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur Setiajit mengatakan, delapan TKW tersebut baru tiga bulan berada di Malaysia. "Tujuh orang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Sedangkan, satu orang berasal dari Bandung, Jawa Barat," kata dia saat menjemput TKW di Bandara Juanda, Kamis 22 Juni 2017.

Menurut Setiajit, delapan TKW tersebut berangkat ke Malaysia tanpa melalui agen PJTKI resmi dan tidak dilengkapi dokumen dan persyaratan yang ditetapkan. "Mereka baru satu bulan bekerja di sana (Malaysia) sebagai TKI ilegal. Kemudian, mereka tertangkap aparat kepolisian Malaysia. Sisanya, dua bulan mereka habiskan di dalam penjara Malaysia," terangnya.

Saat ini, delapan TKW diinapkan di tempat penampungan sementara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim. Rencananya, mereka dipulangkan ke daerahnya masing-masing melalui Bandara Juanda Surabaya nanti siang.


(NIN)