Sistem Online di Samsat Jombang Hanya untuk Pajak Tahunan

Nurul Hidayat    •    Kamis, 14 Sep 2017 09:48 WIB
pajak kendaraan
Sistem Online di Samsat Jombang Hanya untuk Pajak Tahunan
Kantor Samsat Kabupaten Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Samsat Kabupaten Jombang baru memberlakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan secara online. Sedangkan, pajak lima tahunan belum bisa dilakukan secara online karena belum masuk dalam daerah percontohan program tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana menjelaskan, pelayanan pembayaraan pajak tahunan secara online sangat memudahkan wajib pajak (WP) karena tidak perlu datang ke kantor Samsat asal kendaraan. WP cukup datang ke kantor Samsat terdekat yang sudah menerapkan sistem online, salah satunya Samsat Jombang.

"Misalnya, kendaraan asal Kabupaten Sidoarjo, tidak perlu ke Sidoarjo untuk membayar pajak tahunan. Cukup di Jombang saja bisa menyelesaikan urusan wajib pajak tahunan," imbuh Tubagus di Jombang, Jawa Timur, Kamis 14 September 2017.

Sementara, pembayaran pajak lima tahunan secara online baru bisa dilakukan di Surabaya. "Kita hanya menunggu perintah saja dari pusat terkait program tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak tujuh provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Banten, dan DKI Jakarta, sepakat menerapkan sistem Samsat online. Kesepakatan itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara gubernur dari ketujuh provinsi, tujuh Bank Pembangunan Daerah, dan tujuh bank lain, dengan Mabes Polri di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis 7 September 2017.


(NIN)