Adipura untuk Laut Penuh Sampah Sumenep

Rahmatullah    •    Senin, 07 Aug 2017 12:04 WIB
adipura
Adipura untuk Laut Penuh Sampah Sumenep
Kirab piala Adipura di Kabupaten Sumenep, Jatim. (Metrotvnews.com/Rahmatullah)

Metrotvnews.com, Sumenep: Penghargaan Adipura yang diperoleh Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, tahun ini merupakan yang kesembilan kalinya. Apresiasi sebagai bentuk keberhasilan pemerintah menata kebersihan dan lingkungan itu diperoleh di tengah masih banyaknya sampah di laut kabupaten paling timur pulau Madura ini.
 
Pagi ini, Senin, 7 Agustus 2017, piala Adipura itu diarak keliling kota. Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, mengakui kebersihan laut masih jadi persoalan. Tapi dia berjanji hal itu akan jadi fokus progam ke depan.
 
“Harus kita pertahankan (perolehan Adipura). Karenanya, kita harus melakukan hal baru,” ujar dia kantor Pemkab Sumenep.
 
Selain kebersihan laut, ungkap dia, penghijauan dan kebersihan tempat destinasi wisata juga bermasalah. Lingkungan pondok pesantren juga masih kotor.
 
“Mengurai tiga hal itu yang akan diprioritaskan di tahun ini dan tahun berikutnya. Kalau lainnya saya kira sudah tidak bermasalah,” jelas Busyro.   
 
Sementara Kabag Humas Pemkab Sumenep, Abdul Kadir, menjelaskan Adipura bukan hanya milik Pemkab Sumenep. Tapi milik masyarakat. Karenanya, piala Adipura diarak keliling Kota agar masyarakat mengetahui bahwa Sumenep kembali mendapatkan penghargaan tersebut.
 
“Kirab ini diharapkan memberikan getaran bagi masyarakat,” jelasnya.
 
Menurut Kadir, kirab tersebut sengaja melibatkan pasukan kuning, pasukan pembersih kali dan pematusan sebagai bentuk apresiasi. Harapannya, mereka semakin giat menjalankan tugas yang diberikan.
 
“Penghargaan ini bukan hanya milik pemkab, tapi milik semua kalangan yang terlibat, termasuk masyarakat,” tandasnya.


(SAN)