KPU Sumenep Luncurkan Rumah Pintar Pemilu

Rahmatullah    •    Kamis, 18 May 2017 13:09 WIB
pilkada 2018
KPU Sumenep Luncurkan Rumah Pintar Pemilu
Rumah Pintar Pemilu KPU Sumenep – MTVN/ Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur, meluncurkan rumah pintar pemilu (RPP) ‘Sultan Abdurrahman’ di kantor KPU setempat di Desa Kebonagong, Kecamatan Kota, Kamis 18 Mei 2017. Pendirian RPP dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, terutama dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim 2018.
 
Ketua KPU Sumenep, A Warist, menjelaskan RPP merupakan sumber pengetahuan bagi  masyarakat, terutama bagi pemilih pemula. Masyarakat bisa datang langsung ke rumah pintar itu untuk menanyakan langsung seputar cara memilih yang benar.
 
“KPU Sumenep ingin meng-upgrade pengetahuan  masyarakat, terutama pemilih pemula. Pemilih pemula biasanya salah mencoblos, sehingga perlu pengetahuan khusus dan luas soal kepemiluan,” terangnya.
 
Sementara anggota KPU Jatim, Khoirul Anam, berharap pemilih semakin cerdas dengan adanya RPP. Dalam RPP, kata dia, tidak hanya ditemukan poster, tapi juga audio visual, buku, majalah dan jurnal yang berkaitan dengan pemilu.  
 
“KPU Sumenep bisa juga menjadikan RPP sebagai tempat berdiskusi dengan semua stakeholder. Sehingga ketika ada yang datang ke sini, tidak melihat-lihat, tapi juga bisa menambah wawasan dengan berdiskusi,” ujarnya.
 
Untuk di tingkat kecamatan, kata Anam, sementara belum ada RPP, karena tidak ada kantor tetap. Meski begitu, KPU akan menyiapkan minibus yang bisa blusukan ke daerah-daerah yang kesulitan datang langsung RPP.
 
“Semacam perpustakaan keliling, tapi kita desain sebagai rumah pintar pemilu,” jelasnya.



(ALB)